Jombang, (Antara Jatim) - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang sempat dirawat inap di RSUD Jombang sejak Senin (29/8) lalu, saat ini kondisi kesehatannya sudah membaik dan diperbolehkan pulang oleh tim dokter rumah sakit setempat.

Tokoh Nasional yang juga adik kandung Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut keluar dari RSUD Jombang tepat pukul 12.15 WIB dan tiba di dalem kesepuhan ponpes Tebuireng sekitar pukul 12.30 WIB. ”Alhamdulillah kondisi kesehatan Gus Sholah sudah baik. Tadi siang beliau sudah diizinkan pulang dari rumah sakit. Dan sekarang beliau sudah di tebuireng,” ujar Teuku Azwani, Pengurus Pondok Tebuireng yang juga protokoler dhalem kasepuhan. 

 Azwani mengatakan, setelah kondisi Gus Sholah sudah sepenuhnya pulih akan kembali menjalankan sejumlah kegiatan. Baik di dalam pondok maupun aktifitas di luar kota. ”Dalam waktu dekat ini, Gus Sholah akan menghadiri sejumlah agenda penting,” ujarnya.

Lebih lanjut Azwani menjelaskan tidak tau secara jelas penyakit apa yang diderita Gus sholah. "Untuk diagnosanya saya kurang tau mas, tp klw menurut sy beliau (Gus Sholah-red,) kecapean, karena selama beberapa hari ini kegiatan beliau di pondok tebuireng terlalu padat," jelasnya.

Sementara itu Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengatakan, Gus Sholah awalnya mengeluh mual-mual saat menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Setelah dilakukan observasi serta atas persetujuan keluarga, akhirnya dirawat inap di ruang graha waluya VVIP.  

Ia menjelaskan, sejauh ini kondisi Gus Sholah sudah mulai membaik. Selama perawatan, Gus Sholah ditangani satu dokter penyakit dalam sesuai dengan keluhan rasa sakit. Meski demikian, Pudji enggan menjelaskan hasil diagnosa penyakitnya. "Hari ini Gus Sholah sudah diperbolehkan pulang, karena kondisi kesehatan beliau sudah membaik," terang Pudji.

Pewarta: Syaiful Arif

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016