Surabaya, (Antara Jatim) - Menteri BUMN Rini M Soemarno dijadwalkan meluncurkan Kartu Tani dan menghadiri pengobatan gratis, pasar murah sembako, serta pameran sarana produksi pertanian di Pabrik Gula (PG) Tjoekir, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (30/8).
      
Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) Subiyono di Surabaya, Senin mengatakan, selain Rini juga akan hadir jajaran direksi BUMN yang terlibat dalam sistem Kartu Tani, yakni BUMN perkebunan, pupuk, hingga perbankan.
     
"Kartu Tani ini merupakan hasil sinergi BUMN untuk membangun sistem pelayanan petani sekaligus menjadi basis data sektor pertanian," ucap Subiyono dalam keterangan tertulisnya.
     
Ia mengatakan, kehadiran Rini di Jombang juga akan disambut sebanyak 904 petani di lingkungan PG Tjoekir yang merupakan salah satu pabrik gula milik PTPN X.
     
"Ratusan petani itu juga akan menerima kartu secara bertahap, dan keberadaan Kartu Tani ini melibatkan PTPN X dan bank-bank BUMNbseperti BRI, Bank Mandiri dan BNI, dan semua data terekam dan masuk ke sistem perbankan," katanya.
      
Ia menjelaskan, Kartu Tani adalah basis data yang menunjukkan profil petani secara lengkap, mulai dari luas dan lokasi lahan, jadwal panen, penjatahan pupuk, hingga akses pembiayaan perbankan. 
      
Seperti petani tebu, kata Subiyono datanya akan dilengkapi dengan rincian transaksi pabrik gula, termasuk jumlah rendemen (kadar gula dalam tebu) dan jumlah produksi gula.
      
Dengan memegang Kartu Tani, lanjut Subiyono para petani bisa mendapat banyak kemudahan dalam pelayanan masyarakat, sehingga para petani semakin termotivasi dalam membudidayakan tebu. 
      
"Jika petani termotivasi, jaminan pasokan tebu ke pabrik gula bisa terjaga dengan baik karena pabrik gula dan petani adalah dua entitas yang saling membutuhkan. Secara lebih detail besok akan disimulasikan manfaat Kartu Tani ini secara komprehensif oleh Menteri BUMN," katanya.
      
Sementara itu, bersamaan dengan peluncuran Kartu Tani juga bakal digelar pameran sarana produksi pertanian, dan pendidikan kewirausahaan untuk guru/pengasuh ponpes. 
     
"Acara peluncuran ini merupakan ikhtiar kami sebagai bagian keluarga besar BUMN yang tidak hanya berfikir komersial semata, tapi juga mempunyai visi sosial," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016