Jember (Antara Jatim) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Jember, Jawa Timur memiliki laboratorium ritel yang merupakan hibah dari Alfamart untuk menunjang sarana pembelajaran siswa-siswi jurusan pemasaran di SMK setempat.

"Peningkatan mutu sumber daya manusia sudah saatnya dilakukan di sekolah menengah, khususnya sekolah kejuruan," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Jember Tatang Priyanggono di sela-sela peresmian laboratorium ritel atau business center Alfamart Class di SMKN 1 Jember, Kamis.

Menurut dia, lulusan sekolah kejuruan akan mencetak tenaga-tenaga profesional yang siap kerja dalam dunia industri, sehingga mereka membutuhkan laboratorium untuk praktek teori pelajaran yang sudah didapatkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

"Selama ini lulusan SMK berharap bisa segera terserap di dunia kerja setelah menyelesaikan masa studinya, sehingga keberadaan laboratorium ritel ini sangat membantu siswa jurusan pemasaran," tuturnya.

Ia berharap laboratorium ritel Alfamart Class tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para siswa, sehingga lulusan jurusan pemasaran sudah memiliki bekal saat terjun ke dunia usaha profesional.

"Siswa akan belajar bagaimana kelemahan dan kelebihan berbisnis ritel dan arah ke depannnya, mereka bisa membuka usaha ritel sendiri berbekal ilmu yang sudah diperoleh  selama menempuh pendidikan Alfamart Class," ujarnya menambahkan.

Hibah laboratorium di SMKN 1 Jember merupakan rangkaian kegiatan setelah penandatangan nota kesepahaman dengan Gubernur Jatim Soekarwo terkait implementasi kurikulum Alfamart Class di 53 SMK di Jatim pada 3 Agustus 2015.

Branch Manajer Alfamart Jember Anang Sani Setiawan mengatakan laboratorium ritel berfungsi layaknya toko Alfamart, namun bedanya ukurannya lebih kecil dan pengelola seluruhnya adalah guru dan murid.

"Sistemnya hibah, setiap laboratorium yang dihibahkan nilainya kisaran Rp50 juta hingga Rp100 juta. Setelah dihibahkan, kami tidak akan turut campur dalam pengelolaan barang dan keuangan," tuturnya.

Saat ini jumlah hibah laboratorium ritel dari Alfamart di Jawa Timur sebanyak 12 unit yang tersebar di SMK PGRI 3 Malang, SMK Bisri Syamsuri Jombang, SMKN 2 Blitar, SMK Islam 1 Trenggalek, SMKN 10 Surabaya, SMK YPI Darussalam 2 Gresik, SMKN 1 Sumenep, SMK 1 PGRI Giri Banyuwangi, SMK MHI Bangsalsari Jember, dan SMKN 2 Buduran.(*)
    

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016