Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota ini untuk memanfaatkan situs online atau dalam jaringan/daring, agar usaha mereka bisa lebih dikenal dan berkembang.

"Kami fasilitasi pelaku UMKM untuk bisa bekerjasama dengan pihak lokal, regional, internasional. Kami juga libatkan kadin (kamar dagang dan industri) untuk kegiatan ini," kata Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto ditemui dalam kegiatan tersebut di salah satu hotel Kota Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan itu mengajak serta situs dalam jaringan yaitu bukalapak.com, yang dinilai mempunyai jaringan dan kualitas untuk program tersebut. 

Ia mengatakan, sebenarnya para pelaku UMKM di Kota Kediri sebagian sudah memanfaatkan situs daring untuk lebi mengenalkan usahanya. Namun, nyatanya masih banyak pelaku UMKM yang ternyata belum memahami, sehingga pihaknya sengaja mengadakan acara tersebut.

"Sebetulnya sudah ada beberapa saja, tapi belum keseluruhan. Untuk acara ini tadi, yang siap bekerjasama ada sekitar 23 UMKM," katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut lebih membuka peluang bagi pelaku UMKM di Kota Kediri untuk lebih berkembang. Mereka akan diajarkan bagaimana memanfaatkan daring untuk membuka usaha serta program yang diajarkan, termasuk transaksinya. 

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Kediri Muhammad Salikhin mengatakan pihaknya memanga sengaja menjembatani pelaku UMKM antara pengusaha dengan pengusaha maupun pengusaha dengan pemerintah. 

"Kami tidak sekedar hanya memfasilitasi kerjasama antara pemerintah dengan pengusaha, pengusaha dengan pengusaha, namun kami ingin agar perekonomian di daerah semakin berkembang," katanya.

Ia pun menambahkan, belum semua pelaku UMKM di Indonesia memanfaatkan daring dalam mengembangkan usahanya, termasuk di Kediri. Dari jumlah sekitar 31 ribu UMKM di Kota Kediri, tidak sampai 2 persen yang sudah memanfaatkan teknologi untuk mengenalkan usaha mereka.

Pelaku UMKM, lanjut dia, sudah harus berani membuka mata. Saat ini, era digital sehingga mau tidak mau harus mereka pun harus mengikuti era tersebut. Berbagai pembenahan juga harus dilakukan, agar mereka tidak kalah bersaing di era digital.

Salikhin menambahkan, selain promosi di daring, Kadin Kota Kediri juga memfasilitasi para pelaku UMKM untuk ikut berbagai pameran baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

Kegiatan itu dihadiri puluhan pelaku UMKM di Kota Kediri. Mereka juga mempraktikkan langsung untuk daftar di situs daring bukalapak.com tersebut. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016