Surabaya (Antara Jatim) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menggelar "Comtech Camp Highlight" (CCH) pada 22 Agustus hingga 1 September 2016 untuk memperkenalkan diri (ITS) dan Surabaya kepada dunia.

"Melalui acara ini kami ingin memperkenalkan ITS secara khusus dan Surabaya secara umumnya kepada mahasiswa asing," kata Rektor ITS Prof Jhoni Hermana saat membuka acara itu di Rektorat ITS Surabaya, Senin.

CCH yang dilaksanakan UPT Kerja sama dan Hubungan Internasional (Internasional Office) ITS itu diikuti delegasi dari  Malaysia, Thailand, Denmark, Ukraina, Jepang, China, Uzbekistan, Kamboja, Jerman, Yaman, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

"Mahasiswa-mahasiswa tersebut diminta datang ke ITS dan dibagi dalam kelompok-kelompok, kemudian diberi permasalahan yang ada di lapangan. Mereka diminta memberi solusi terkait masalah dan memberikan presentasi di akhir acara bertema Indonesia sebagai kawasan cincin api," katanya.

Selain itu, mereka nanti diajari tari, bahasa, budaya dan diajak ke objek-objek wisata. "Itu sebagai langkah memperkenalkan budaya serta pariwisata  kita ke dunia," katanya.

Sementara itu, Ketua Internasional Office ITS Dr Maria Anityasari mengatakan acara ini disusun sebagai langkah ITS memperkenalkan setiap jurusan dan menunjukkan apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Surabaya.

"Nanti kita akan ada kunjungan di hari Sabtu ke UKM-UKM yang sudah dibina Pemkot Surabaya seperti di Kenjeran melihat kerang, bordir. Jadi kita selalu bersinergi dengan pmerintah," kata dosen Teknik Industri ini.

Acara Commtech Camp Highlight merupakan salah satu rangkaian acara dari tiga CommTech yang diselenggarakan selama setahun. Sebelumnya berlangsung yaitu CommTech Camp Insight yang sudah dilaksanakan bulan Februari.

"Untuk Commtech Camp Highlight ini ada dua jurusan yang memperkenalkan kompetensi mereka. Pertama Geofisika yang memperkenalkan tentang Indonesia sebagai ring of fire terkait pegunungan, termasuk penanganan disaster. Yang kedua perencanaan kota, dan desain produ," paparnya.

Pada bulan Desember, ITS akan membuat CommTech Signature. Saat itu, peserta akan diberikan kasus di Surabaya serta memberikan ide-ide di depan Pemerintah Kota Surabaya. "Terakhir ada CommTech Youth Camp, semacam acara untuk anak SMA di dalam negeri maupun luar negeri," katanya. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016