Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menyediakan lima bus untuk mengangkut jamaah calon haji yang rencananya diberangkatkan Selasa sore ini dari Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, kota setempat.

"Kami sediakan lima bus untuk mengantar dan menjemput jamaah calon haji. Selain itu, kami juga sediakan makanan di perjalanan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana di Kediri, Selasa.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Kediri Tjitjik Rahmawati jumlah jamaah dari Kota Kediri yang akan diberangkatkan mencapai 213 jamaah. Proses pemberangkatan rencananya akan dimpimpin langsung oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.
       
Jamaah calon haji asal Kota Kediri masuk di kloter 21 digabung dengan Kabupaten Blitar. Namun, untuk berangkatnya dari daerah sendiri-sendiri dan bertemu di asrama haji.
     
Ia juga mengatakan, sesuai dengan jadwal jamaah akan menginap dulu di asrama haji sehari semalam dan keesokan harinya, Rabu (17/8) akan diberangkatkan ke Makkah naik pesawat terbang. Dimungkinkan, rombongan akan tiba pada Kamis (18/8) jam 05.30 waktu Arab Saudi.
     
Pihaknya juga sudah mengurus koper jamaah calon haji asal Kota Kediri diberangkatkan ke Surabaya. Nantinya, setelah sampai koper akan diberangkatkan bersama dengan jamaah ke Bandara Juanda, Surabaya. 
     
"Nanti di bandara seluruh barang bawaaah jamaah akan diperiksa. Barang-barang yang dilarang dibawa atau kelebihan muatan akan dikeluarkan dan diberikan ke masing-masing petugas kementerian agama," katanya.
     
Tjitjik menambahkan, ia dengan tim akan terus mendampingi hingga jamaah calon haji asal Kota Kediri berangkat ke Makkah. Seluruh barang milik jamaah calon haji yang diturunkan dari koper akan dibawa dan dikembalikan ke keluarga masing-masing. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016