Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai kecil biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, mengalami penaikan dibanding pada awal pekan.

"Harga cabai kecil biasa Rp32 ribu per kilogram pada Senin (8/8) dan saat ini naik menjadi Rp35 ribu," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep.

Sementara harga cabai besar biasa tetap jika dibanding awal pekan, yakni Rp24 ribu per kilogram.

Sesuai hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Sumenep, terdapat empat komoditas yang harganya berfluktuasi, yakni cabai kecil biasa, kubis, kentang, dan tomat.

Namun, harga tiga jenis sayur-mayur lainnya itu turun dibanding awal pekan, yakni kubis dari Rp5 ribu per kilogram menjadi Rp4 ribu, kentang dari Rp15 ribu menjadi Rp14 ribu, dan tomat dari Rp10 ribu menjadi Rp8 ribu.

"Harga sebagian besar komoditas memang terpantau stabil sebagaimana hasil laporan yang kami terima dari staf kami," kata Heni, menerangkan.

Harga daging sapi tetap Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Begitu juga harga beras tetap pada kisaran Rp8.700 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp16 ribu, minyak goreng curah Rp11 ribu dan mentega curah Rp21 ribu.

Staf Disperindag Sumenep melakukan pemantauan harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016