Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menyatakan sekitar 5.000 dari 12.000 bayi dan anak berusia 6-59 bulan telah diberi vitamin A sejak awal Agustus 2016.

"Kami mulai merealisasikan Program Bulan Vitamin A sejak 1 Agustus dan capaian sementara sekitar 5.000 anak," kata Kepala Dinkes Sumenep, dr A Fatoni di Sumenep, Rabu.

Kementerian Kesehatan RI mencanangkan Bulan Februari dan Agustus sebagai Program Bulan Vitamin A yang secara teknis berupa pemberian vitamin A kapsul merah (dosis 100.000 IU) bagi bayi berumur 6-11 bulan dan kapsul biru (dosis 200.000 IU) bagi anak berumur 12-59 bulan.

"Untuk di Sumenep, sasaran program tersebut sekitar 12.000 bayi dan anak. Secara teknis, kami melaksanakan program pemberian vitamin A secara gratis itu dengan dua cara, yakni bekerja sama dengan pengelola lembaga pendidikan dan di posyandu," ujarnya.

Petugas kesehatan memberikan vitamin A kepada anak atau siswa yang menjadi sasaran program tersebut di lembaga pendidikan pada waktu yang disepakati bersama dengan pengelola.

Sementara di posyandu, petugas kesehatan memberikan vitamin A kepada bayi dan anak sebagaimana jadwal pelayanan posyandu di wilayah tersebut.

"Pemberian suplementasi vitamin A ini untuk meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi, utamanya kesehatan mata bagi bayi dan anak," kata Fatoni, menerangkan.

Pada Agustus, petugas kesehatan juga memberikan obat cacing kepada anak yang menjadi sasaran Program Bulan Vitamin A. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016