Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur memperkenalkan aplikasi "M-Bonk" kepada Pulse Lab Jakarta supaya aplikasi tentang pengaduan layanan perbaikan jalan raya tersebut bisa diterapkan di daerah lain di Indonesia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan Pulse Lab Jakarta merupakan Lembaga PBB untuk laporan informasi data yang berkantor di Jakarta.

"Mereka ingin mengetahui secara detail penggunaan aplikasi M-Bonk yang dianggap ide menarik di era perkembangan teknologi saat ini," katanya di Sidoarjo, Senin.

Ia mengemukakan, aplikasi M-Bonk memang difungsikan untuk menampung sejumlah laporan terkait kondisi jalan di mana masyarakat bisa memanfaatkan M-Bonk sebagai wadah untuk mengirimkan pesan tentang kondisi jalan. 

"Baik maupun buruk kondisi jalan bisa dilaporkan melalui aplikasi tersebut dan hal ini sangat membantu kami untuk meningkatkan pembangunan yang ada di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Sementara itu, Programme Specialist Pulse Lab Jakarta Mellyana Frederika mengatakan, aplikasi M-Bonk merupakan ide yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan keluhan terhadap kondisi jalan. 

"Latar belakang aplikasi yang khusus untuk masalah jalan tersebut baru pertama kali dijumpainya. Untuk aplikasi khusus masalah jalan atau transportasi saya kira ini (aplikasi M-Bonk) baru," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan aplikasi M-Bonk bisa ditularkan ke daerah lain supaya banyak kawasan di Indonesia bisa mengaplikasikan program tersebut jika fungsinya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. 

"Aplikasi M-Bonk berasal dari ide masyarakat dan harus punya manfaat untuk masyarakat," katanya menjelaskan.

Menurutnya, Dinas PU Bina Marga memberikan keterbukaan luas bagi masyarakat untuk ditampung dalam aplikasi M-Bonk. Era keterbukaan tersebut juga menjadi langkah positif bagi pemerintah daerah untuk terbuka dalam peningkatan infrastruktur daerah. 

"Karena itu kami akan terus berkomunikasi dengan Dinas PU Bina Marga terkait perkembangan aplikasi M-Bonk ke depan," pungkasnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016