Sidoarjo (Antara Jatim) - Jajaran Staf Intel dan Provos Brigif-1 Marinir, Gedangan Sidoarjo, Jawa Timur menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Markas Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo dalam rangka mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan prajurit saat berkendara di jalan raya.

 "Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi pelanggaran prajurit saat berkendara di jalan raya supaya tertib berlalu lintas," kata  Kepala Seksi Pengamanan (Kasipam) Brigif-1 Mar Mayor  Marinir Wahyu Widiyono     di Sidoarjo, Kamis.

Ia mengemukakan, operasi Gaktibplin tersebut digelar secara rutin oleh Staf Intel dan Provos Brigif-1 Marinir, pelaksanaannya dilakukan secara bergantian di seluruh kesatrian di jajaran Brigif-1 Marinir.

"Sasaran dalam pelaksanaan operasi Gaktibplin ini meliputi kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK, plat nomor, spion, helm dan kelengkapan administrasi lainnya serta GAM TNI," katanya dalam siaran pers.

Ia mengatakan, bahwa operasi Gaktibplin dilaksanakan selain bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran prajurit, juga sebagai wahana untuk mendidik para prajurit agar selalu berperilaku tertib berlalu lintas di jalan raya.
 
"Kami ingin mendidik kepada prajurit supaya selalu disiplin dalam berkendaraa di jalan raya dan mematuhi segala peraturan lalu lintas, termasuk pada kelengkapan kendaraan bermotor," katanya.

Pada kegiatan ini, sejumlah prajurit diperiksa kelengkapan surat-surat kendaran bermotor termasuk juga kelengkapan alat-alat kendaraan bermotor yang sedang digunakan.

"Sekali lagi kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa membantu prajurit untuk meningkatkan disiplinnya saat berkendara," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016