Jember (Antara Jatim) - Pusat perbelanjaan "Golden Market" yang berada di Jalan Trunojoyo Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu sekitar pukul 03.30 WIB terbakar.

"Kebakaran terjadi di lantai tiga pusat perbelanjaan Golden Market yang merupakan wahana mainan anak dan 'food court', namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran itu karena toko masih tutup dan tidak ada karyawan di dalamnya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo di Jember.

Menurut dia, kebakaran berawal dari area "food court" atau makanan saji di lantai tiga yang bersebelahan dengan area permainan anak, namun tidak sampai merembet luas ke wahana lainnya.

"Kebakaran tersebut sempat dipadamkan oleh satpam pusat perbelanjaan tersebut dengan tabung pemadam kebakaran, namun api tetap saja tidak padam dan terus membesar, sehingga pihak satpam memanggil Pasukan Memadamkan Kebakaran (PMK) dan satu unit mobil PMK datang ke lokasi," tuturnya.

Ia menjelaskan awalnya petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk memadamkan api di lantai tiga pusat perbelanjaan yang berada di kawasan kota Jember itu karena tidak bisa masuk dan tidak ada tangga darurat.

"Petugas pemadam kebakaran juga harus memecah kaca di lantai tiga untuk mengeluarkan asap yang pekat di dalam area makanan saji dan wahana permainan anak," katanya.

Heru mengaku tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran di "Golden Market" tersebut karena pihak BPBD menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian terkait dengan penyebab kebakaran itu.

"Informasi yang kami terima, dugaan sementara terjadi korsleting atau hubungan arus pendek listrik, namun penyebab pastinya masih diselidiki oleh aparat kepolisian," ujarnya menambahkan.

Sementara Kapolsek Kaliwates AKP Hariyono mengatakan pihaknya mendapat laporan sekitar pukul 03.30 WIB dan segera menuju ke lokasi pusat perbelanjaan Golden Market.

"Kebakaran terjadi hanya sekitar 30 menit dan kami masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di lantai tiga Golden Market itu," tuturnya.(*) 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016