Probolinggo (Antara Jatim) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dijadwalkan menghadiri kegiatan upacara ritual Yadnya Kasada yang digelar di Pendopo Agung Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (20/7) malam.

"Rencananya kegiatan Yadnya Kasada akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan sejumlah pejabat dari Pemprov Jatim, Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari dan suaminya, serta jajaran forum komunikasi pimpinan daerah Probolinggo," kata Kepala Bagian Komunikasi dan Informatika Yulius Christian di Probolinggo, Selasa.

Ia mengatakan masyarakat Tengger yang berada di sekitar Gunung Bromo yakni warga sejumlah desa di Kecamatan Sukapura sibuk mempersiapkan rangkaian kegiatan perayaan Yadnya Kasada tahun 2016.

"Kegiatan itu biasanya dimeriahkan dengan penampilan Sendra Tari Roro Anteng dan Joko Seger juga akan dihadiri para tokoh masyarakat dan Dukun Tengger di Kecamatan Sukapura," katanya.

Yadnya Kasada tahun 2016 ini dimeriahkan dengan beragam kegiatan dimulai dengan jalan santai pakai sarung dengan "start" Rest Area Cemorolawang dan "finish" di Lava View pada Sabtu (16/7/) pagi pukul 06.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan "Fashion Show" Sarung di Lava View pukul 09.00 WIB.

Khusus untuk jalan santai pakai sarung dan fashion show sarung, panitia menggelar "photo on the spot" dan pada hari yang sama juga digelar "Off Road" dengan start di Rest Area Cemorolawang dan finish Lava View. 

Pada Minggu (17/7) digelar "Bromo Trail" yang diikuti oleh para komunitas motor trail. di Lapangan Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura.

"Nanti malam akan digelar Pawai Obor yang diikuti masyarakat Tengger, Komunitas Kuda Bromo, dan Jeep Bromo. Kegiatan ini mengambil start di Balai Desa Wonokerto menuju Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura mulai pukul 18.00 WIB," tuturnya.

Ia menjelaskan puncak acara yakni Resepsi Yadnya Kasada akan dilaksanakan di Pendopo Agung Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Rabu (20/7) malam mulai pukul 19.00 WIB, kemudian Kamis (21/7) dini hari mulai pukul 02.00 WIB, dilanjutkan dengan pemberangkatan persiapan upacara ritual Yadnya Kasada di Pura Luhur Poten. 

"Masyarakat Tengger mulai mempersiapkan pemberangkatan dari pintu gerbang masing-masing. Dusun Cemorolawang dipilih sebagai titik pemberangkatan di Kabupaten Probolinggo. Rangkaian kegiatan itu diikuti oleh Dukun Pandita dan Pemangku Umat Hindu Tengger," katanya.

Ritual Yadnya Kasada terdiri dari pembacaan sejarah Kasada, Pujastuti Dukun Pandita, Mekakat/penutup dan melayani umat yang akan Nadar di Pura Luhur Poten serta pelaksanaan Korban Suci/Nglabuh di Kawah Bromo. 

Sedangkan pada malam harinya, tepatnya pukul 19.00 WIB dilaksanakan Pujan Kasada atau pemujaan kepada Sang Hyang Widhi Wasa sebagai tanda terima kasih atas terselenggaranya Yadnya Kasada tahun 2016.(*)



Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016