Jakarta, (Antara) - Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono menemui Menteri BUMN Rini Soemarno untuk melaporkan sekaligus membahas perkembangan percepatan pembanguna infrastruktur di kawasan Pantau Utara (Pantura) Jawa.

"Tadi kami membahas berbagai persoalan infrastruktur, seperti Tol Trans Jawa, simpang sebidang lahan PT Kereta Api, dan pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi," kata Basuki di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, seluruh BUMN yang terkait infrastruktur tersebut hadir, seperti Jasa Marga, Waskita Karya, KAI.

Basuki menjelaskan, berbagai hal yang mendesak diselesaikan untuk mengatasi kemacetan khususnya di Pulau Jawa menjadi fokus pembahasan.

Ia mencontohkan, proyek jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi pembangunannya akan dipercepat agar dapat selesai sesuai target pada tahun 2019.

"Penyelesaian perencanaan diharapkan selesai bulan Agustus 2016, langsung diikuti tahap prakualifikasi untuk persiapan lelang," ujarnya.

Menurut catatan, tol Probolinggo-Banyuwangi sepanyang 170 km ini merupakan kelanjutan dari tol Pasuruan-Probolinggo, melalui jalur pantai utara.

"Kami juga membahas pembangunan tiga simpang sebidang dengan KAI, yaitu perlintasan Klonengan, Paguyangan dan Prupuk," kata Basuki.(*)

Pewarta: Royke Sinaga

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016