Situbondo (Antara Jatim) - Objek wisata Pasir Putih di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dipadati pengujung pada akhir pekan dalam masa libur Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, yang jumlahnya meningkat hingga 100 persen dibanding hari-hari biasa.

"Sejak Sabtu (9/7) pagi, jumlah wisatawan di Pantai Pasir Putih Situbondo sudah mulai meningkat hingga 100 persen. Dan pada hari ini pengunjung terus bertambah lebih banyak dibanding hari kemarin. Tiket pengunjung belum kita hitung, namun peningkatan jumlah pengunjung bisa dilihat dari jumlah mobil yang masuk," ujar Direktur Wisata Pasir Putih Situbondo Danial Maulana di Situbondo, Minggu.

Ia mengemukakan, wisata Pasir Putih yang terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan itu selama ini masih menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara di saat musim libur panjang sekolah, tak terkecuali libur Lebaran. Jika pada hari biasa jumlah mobil pengunjung 200 kendaraan, sekarang sudah sampai 700 hingga 800 kendaraan roda empat.

Para pengunjung wisata, kata dia, berasal dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, dan bahkan juga ada yang dari Semarang, Yogyakarta, Jawa Tengah, serta dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Akan tetapi pengunjung paling banyak berasal dari kabupaten/kota tetangga, seperti Jember, Bondowoso dan Kabupaten Probolinggo. Untuk hari ini peningkatan pengunjung wisata Pasir Putih sampai nanti sore bisa mencapai 150 persen, sedangkan pada hari Sabtu kemarin peningkatan pengunjung wisata sudah 100 persen. Kami meghitung tiket masuk setelah akhir libur Lebaran pekan depan," paparnya.

Menurut Danial, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang jernih dan juga cukup aman berenang bagi anak-anak, karena memiliki ombak yang tenang. Selain itu wisatwan juga dapat menikmati keindahan bawah laut yang penuh dengan karang yang dihiasi berbagai macam jenis ikan.

"Di wisata Pasir Putih ini, pengunjung juga dapat melihat keindahan bawah laut menggunakan kotak kaca yang sudah disediakan setiap perahu layar yang disewa. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan perahu kano yang dilengkapi dayung," tuturnya.

Dari pantauan, ribuan pengunjung wisatawan memadati objek wisata Pasir Putih Situbondo. Kebanyakan para pengunjung yang datang dari luar Provinsi, sengaja singgah ke Pasir Putih saat akan kembali setelah mudik dari kampung halamannya.

Bebi, salah satu pengunjung asal Sidoarjo, mengaku setiap libur Lebaran seusai mudik ke kampung halamannya di Banyuwangi, ia bersama keluarganya singgah di objek wisata Pasir Putih.

"Saya bersama keluarga memang setiap tahun libur Lebaran kesini. Selain tempatnya yang strategis juga karena lautnya bersih dan bening serta ombaknya juga tenang tidak terlalu berbahaya bagi anak-anak mandi," ujarrnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016