Jember (Antara Jatim) - Arus balik penumpang di sejumlah stasiun di Daerah Operasi 9 Jember sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, masih terlihat sepi dan belum ada peningkatan.

"Kepadatan penumpang untuk arus balik masih terpantau normal di Stasiun Jember, namun hanya kereta api lokal KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi yang mengalami peningkatan," kata Kepala Stasiun Jember Irfan Karsidi di Jember.

Menurut dia, jumlah penumpang KA Pandanwangi sebanyak 400 orang dan masih banyak kursi yang tersedia karena rangkaian kereta lokal itu sebanyak tujuh gerbong dengan masing-masing satu gerbong tersedia 106 kursi.

"Penumpang arus balik kereta jarak jauh seperti KA Logawa dan KA Sritanjung juga masih terlihat sepi dan jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Jember juga masih normal," tuturnya.

Irfan mengatakan PT KAI memprediksi lonjakan penumpang untuk arus balik di Stasiun Jember akan terjadi pada Minggu (10/7) seiring dengan habisnya libur Lebaran para pegawai negeri sipil dan karyawan.

"Kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada 10 Juli 2016 karena keesokan harinya banyak pegawai yang sudah mulai bekerja lagi seiring dengan habisnya masa libur Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah," katanya.

Sementara salah seorang warga Jember Atik yang mudik ke Yogyakarta mengaku sudah membeli tiket untuk arus balik jauh-jauh hari, agar tidak kehabisan tiket kereta seperti yang dialami keluarganya tahun lalu.

"Saya kapok kehabisan tiket karena pesan sehari sebelum keberangkatan, sehingga saya tidak bisa mendapatkan tiket arus balik menuju ke Jember dengan moda transportasi kereta," tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, keluarganya sudah memesan tiket mudik sekaligus tiket balik menuju ke Jember jauh-jauh hari, sehingga bisa mudik dan balik dengan KA Logawa.

"Mudik dengan menggunakan kereta api paling nyaman karena bebas dari kemacetan, bebas asap rokok, dan tidak terlalu capek, sehingga setiap tahun mudik selalu menggunakan kereta api," ucap ibu tiga anak itu.

Kereta yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur siang dan KA Mutiara Timur malam jurusan Banyuwangi-Surabaya PP, KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto PP, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta PP, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang PP, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya PP, KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi PP.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016