Sidoarjo (Antara Jatim) - Arus penumpang yang ada di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo pada H minus 5 sebelum Lebaran mulai meningkat terutama untuk bus antarkota dalam provinsi di Jawa Timur.

Plt Kepala UPT Terminal Purabaya Surabaya Soesandi Ismawan mengatakan jika pada hari biasa jumlah penumpang yang ada di Terminal Purabaya Surabaya ini sebanyak 28 ribu orang.

"Namun pada saat H minus 5 sebelum Lebaran ini memang mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang menjadi sekitar 35 ribu orang yang menggunakan jasa angkutan di Terminal Purabaya ini," katanya Jumat.

Ia mengemukakan, terjadinya peningkatan jumlah penumpang tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya beberapa kapal antarpulau yang mulai bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Kapal-kapal tersebut mengangkut penumpang antarpulau, yang kemudian memanfaatkan jasa moda transporatsi bus untuk melanjutkan perjalannya selama di Pulau Jawa ini," katanya.

Ia mengemukakan, untuk saat ini jurusan yang paling banyak dituju adalah antarkota dalam provinsi seperti Surabaya-Madiun dan juga Surabaya-Trenggalek.

"Untuk saat ini bus yang disiapkan untuk mengangkut penumpang tersebut masih mencukupi dan belum perlu diturunkan bus cadangan," katanya.

Ia mengemukakan, saat ini segala persiapan di Terminal Purabaya Surabaya sudah dilakukan seratus persen dan siap untuk melaksanakan mudik Lebaran 2016.

"Persiapan sudah seratus persen dan diprediksikan puncak arus mudik di Terminal Purabaya Surabaya terjadi pada H minus 3 atau pada Minggu (3/7) besok," katanya.

Prediksi tersebut dilakukan karena banyak pekerja yang sudah libur dan ingin segera pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Mungkin sejak Sabtu (2/7) sudah mulai terjadi lonjakan jumlah penumpang, tetapi prediksi kami puncaknya pada Minggu dengan jumlah penumpang yang mencapai 80 ribu orang penumpang," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016