Sumenep (Antara Jatim) - Pengelola Bandara Trunojoyo Sumenep menyatakan program pengembangan bandara yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada tahun ini untuk aktivitas penerbangan komersial.

"Kemenhub menginginkan Bandara Trunojoyo segera menjadi bandara komersial atau bandara yang dimanfaatkan untuk aktivitas penerbangan pesawat komersial," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Wahyu Siswoyo di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Pada tahun ini, Kemenhub memprogramkan perpanjangan dan pelebaran landas pacu pesawat serta membangun pelataran parkir pesawat di Bandara Trunojoyo.

Dua proyek pengembangan Bandara Trunojoyo itu telah dikerjakan oleh rekanan pelaksana sejak Maret 2016 dan ditargetkan tuntas pada November 2016.

"Kalau semuanya berjalan lancar, Bandara Trunojoyo bisa dimanfaatkan untuk aktivitas penerbangan pesawat berkapasitas sekitar 70 penumpang atau pesawat komersial pada awal 2017," ujarnya.

Namun, kata dia, untuk mewujudkan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

"Harus ada kepastian bagi operator penerbangan komersial itu untuk tidak rugi ketika memanfaatkan Bandara Trunojoyo," ucapnya. 

Selain itu, butuh waktu juga untuk berkomunikasi dengan operator penerbangan komersial supaya mereka berkenan memanfaatkan Bandara Trunojoyo.

"Operator pun tentunya akan lebih dulu melakukan survei pasar guna memastikan tidak rugi, jika mereka nantinya mengoperasikan pesawat komersial di Bandara Trunojoyo," kata Wahyu, menambahkan.

Ia meminta Pemkab Sumenep melakukan penjajakan dengan operator penerbangan komersial supaya berkenan memanfaatkan Bandara Trunojoyo. 

"Kami siap membantu pemerintah daerah untuk mewujudkan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial. Sekali lagi, kalau semuanya berjalan lancar, Bandara Trunojoyo sudah layak untuk aktivitas penerbangan pesawat komersial pada awal 2017," ujarnya, menegaskan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Moh Fadillah menjelaskan, pihaknya akan bersinergi dengan pihak terkait di Kemenhub untuk melakukan penjajakan dengan operator penerbangan komersial.

"Untuk mewujudkan Bandara Trunojoyo menjadi bandara komersial memang butuh sinergi dengan semua pemangku kepentingan, termasuk kalangan swasta. Mohon doanya agar upaya menjadikan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial terwujud pada 2017," katanya.

Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah lembaga kepanjangan tangan Kemenhub RI yang berada di Sumenep. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016