Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep menyatakan sebanyak 308 bus, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016.

"Kami sudah berkoordinasi dengan perwakilan atau operator bus di Sumenep. Hasil koordinasi dengan mereka, secara keseluruhan terdapat 308 bus yang siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, M Fadillah di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Sebanyak 308 bus yang siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016 itu adalah 8 bus AKAP, 76 bus AKDP berfasilitas mesin pendingin ruangan (Patas), dan 224 bus AKDP tanpa fasilitas mesin pendingin ruangan.

"Sejak beberapa waktu lalu, kami sudah mengingatkan perwakilan atau operator bus itu untuk menyiapkan atau memastikan armadanya dalam kondisi laik jalan," tutur Fadillah.

Sementara pada angkutan penyebeberan dan laut, terdapat sedikitnya sembilan kapal yang siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016.

"Sembilan kapal itu merupakan kapal yang secara reguler beroperasi di Sumenep dengan rute berbeda. Lima di antara sembilan kapal tersebut adalah kapal perintis," ujarnya.

Selain itu, terdapat tiga kapal yang akan beroperasi di wilayah perairan Sumenep selama masa angkutan Lebaran 2016, yakni kapal yang disewa Pemprov Jawa Timur sebagai armada mudik dan balik gratis ke sejumlah kepulauan.

Sementara di angkutan udara, terdapat satu pesawat perintis jenis Twin Otter 300 yang akan melayani rute Sumenep-Surabaya.

"Kami mulai melakukan persiapan operasi penyelenggaraan angkutan Lebaran 2016 sejak beberapa waktu lalu. Insya-Allah, sarana angkutan umum di Sumenep, baik darat, penyeberangan dan laut, maupun udara, dalam posisi siap beroperasi," kata Fadillah, menegaskan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016