Surabaya, (Antara Jatim) - Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara X (PTPN X) sebagai salah satu BUMN bidang pergulaan membagikan paket sembilan bahan pokok (sembako) murah di empat kota, dalam rangkaian Pasar Murah 2016 dari program "BUMN Hadir Untuk Negeri".

Sekretaris Perusahaan PTPN X Adi Santoso, di Surabaya, Jumat mengatakan  empat kota tersebut adalah Mojokerto, Nganjuk, Tulungagung dan Kediri dengan total paket yang dibagikan mencapai 1.250 paket. 

"Kami terus berupaya meringankan pengeluaran masyarakat menjelang Lebaran 2016, dan kami mendonasikan ribuan paket sembako dan santunan anak yatim," katanya.

Adi mengatakan, paket sembako tersebut berisi 10 kilogram beras dengan kualitas medium, 2 liter minyak goreng, dan 2 kilogram gula pasir dengan harga normal Rp150 ribu, namun dijual ke masyarakat dengan harga Rp25 ribu per paket.

"Hasil penjualan kami sumbangkan langsung ke rumah ibadah yang ada di masing-masing tempat pelaksanaan kegiatan sosial ini," kata Adi.

Ia mengatakan, pasar murah sembako ini digelar untuk membantu meringankan pengeluaran masyarakat saat Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Sementara itu selain membagikan paket sembako murah, PTPN X juga memberikan donasi untuk 250 anak yatim yang tersebar di berbagai panti asuhan di daerah sekitar perusahaan.

"Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, PTPN X terus meningkatkan kebermanfaatan bagi masyarakat, sebagai salah satu pemangku kepentingan perusahaan, salah satunya menggelar pasar murah dan memberikan donasi untuk anak yatim," katanya.

Selain itu, juga rutin memberdayakan masyarakat terutama kalangan petani dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari sisi teknis budidaya maupun manajemen usaha tani, dan memberi pinjaman modal lunak agar bisa terus berkembang usahanya.
     
"Kami menjalankan fungsi bisnis sekaligus pemberdayaan masyarakat dan berkontribusi pada upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. Dan kami sebagai keluarga besar BUMN wajib membantu masyarakat, agar bisa menyambut Lebaran dengan gembira dan tidak ikut tertekan oleh kenaikan harga sembako," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016