Sidoarjo (Antara Jatim) - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, menyiagakan sekitar 850 orang personel untuk mengamankan pelaksanaan Lebaran tahun 2016 guna memberikan pelayanan maksimal kepada calon penumpang.

"Selain menyiagakan personel, kami juga membangun pos komando yang bertujuan untuk mempermudah melakukan koordinasi di lingkungan bandara ini," kata Human Capital and General Affair Director Angkasa Pura I (Persero) Adi Nugroho  usai melakukan peresmian posko di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya Jumat.

Ia mengemukakan, di posko tersebut terdapat beberapa unsur di antaranya dari Angkasa Pura I Juanda, Air Nav, Angkatan Laut dan juga unsur lainnya yang turut membantu pengamanan di bandara ini.

"Saat ini kami juga intensif melakukan penyirisan kekurangan-kekurangan yang ada di lingkungan bandara ini supaya masyarakat bisa nyaman dan aman saat melaksanakan lebaran di kampung halaman masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, Bandara Internasional Juanda ini berbeda dengan bandara-bandara lainnya di Indonesia karena jika bandara lain terlihat kedatangan ramai maka keberangkatan akan terlihat sepi.

"Kondisi itu tidak berpengaruh di Bandara Internasional Juanda karena jika kedatangan penumpang ramai maka keberangkatan juga sama-sama ramai. Ini yang menjadi perhatian kami supaya pelayanan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun," katanya.

Ia mengatakan, salah satu fungsi lainnya dari keberaaan posko ini adalah percepatan koordinasi antarelemen yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Salah satunya jika ada kekurangan taksi ataujuga bus Damri bisa dengan cepat terpenuhi dengan adanya koordinasi di posko tersebut," katanya.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2016 terdapat dua titik, yaitu di Terminal 1 berada di anjungan dan di Terminal 2 berada di selasar utama lini 1.

Bagi penumpang dan media yang memerlukan bantuan atau informasi terkait info penerbangan, terkait keamanan dan data dapat mengunungi posko terpadu. Penumpang atau media dapat menghubungi Telp 031-2986772 di Terminal 2 dan 031-2986350 untuk yang di Terminal 1

Untuk perbandingan jumlah penumpang dari data Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2015 lalu terhadap tahun 2016 saat ini sudah meningkat sekitar 6-13 persen. Perkiraan kenaikan penumpang  saat lebaran tahun 2015 ke 2016 adalah 8-14 persen.

Sedangkan umtuk prediksi arus mudik terjadi pada tanggal 01 dan 02 Juli 2016 dikarenakan awal libur lebaran.  Untuk prediksi puncak arus balik terkadi pada tanggal 10 juli 2016 dikarenakan akhir masa libur lebaran dan tanggal 17 Juli dikarenakan akhir masa liburan sekolah.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016