Sidoarjo (Antara Jatim) - Bandara Internasional Juanda Surabaya memprediksikan ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 8 persen hingga 14 persen pada arus mudik Lebaran 2016 jika dibandingkan periode sama tahun 2015.

Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Liza Anindya, di Sidoarjo, Kamis, mengatakan pada Lebaran 2016 diprediksi penumpang di Juanda mencapai 1,4 juta orang atau meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 1,2 juta orang.

"Dari jumlah prediksi tersebut masing-masing untuk domestik sebanyak 1,2 juta penumpang dan untuk internasional sekitar 128 ribu penumpang," katanya.

Ia mengemukakan, peningkatan juga terjadi pada pesawat yang meningkat antara 6 persen hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Untuk pesawat ada peningkatan menjadi 10.014 pesawat dari periode sebelumnya yang sekitar 8.853 pesawat saat Lebaran 2015," katanya.

Ia mengatakan, untuk pesawat jumlah domestik pada mudik Lebaran 2016 diprediksikan sebanyak 9.187 pesawat dan internasional sebanyak 826 pesawat yang ada di Bandara Internasional Juanda.

"Prediksi ini berdasarkan penghitungan kami sejak H-12 hingga H+10 Lebaran 2016," katanya.

Ia mengatakan saat ini segala bentuk persiapan juga sudah dilakukan oleh Bandara Internasional Juanda salah satunya dengan mendirikan posko pelayanan terpadu yang berlokasi di Bandara Internasional Juanda.

"Dengan adanya posko tersebut, maka calon penumpang bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk memudahkan mereka sebelum pergi menggunakan jasa angkutan pesawat," katanya.

Ia berharap pada pelaksanaan mudik Lebaran 2016 bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti mengingat segala macam persiapan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Kami juga selalu melakukan komunikasi dengan pemangku kepentingan yang lain terkait dengan pelaksanaan mudik lebaran ini supaya bisa berjalan dengan lancar aman terkendali," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016