Situbondo (Antara Jatim) - Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi mencanangkan Situbondo sebagai Kabupaten Sehat Rohani dan Jasmani untuk seluruh pegawai negeri sipil atau PNS di lingkungan pemerintah daerah setempat karena rohani dan jasmani merupakan sesuatu yang penting sepanjang hidup manusia.

"Pencanangan kabupaten sehat di Situbondo untuk pertama kalinya kita lakukan sejak awal bulan Ramadhan. Pertama kita memberikan bimbingan rohani, yakni mengajak seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo melakukan Shalat Dzuhur dan Subuh berjamaah di Masjid Al Abror yang berada di alun-alun Situbondo," ujar Yoyok Mulyadi di Situbondo, Jawa Timur, Minggu.

Ia mengemukakan bahwa kesehatan penting bagi pegawai negeri sipil (PNS) khususnya pada bulan Ramadhan, baik sehat dalam rohani maupun jasmaninya serta kehidupan sosial untuk terus hidup produktif dalam kehidupan sosial maupun ekonomi.

Kesehatan rohani dan jasmani, kata dia, merupakan dasar dari setiap peningkatan dan pembinaan kesegaran, baik secara jasmani maupun rohani. Kesehatan rohani dan jasmani harus sama-sama dijaga karena nantinya akan menghasilkan kesehatan yang seimbang.

"Untuk mencanangkan kabupaten sehat, tentunya pegawai negeri sipil pada Pemerintah Kabupaten Situbondo yang harus memberikan contoh kepada masyarakat. Yang kami lakukan pertama memang mengajak seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau dinas-dinas di Pemkab Situbondo, untuk melakukan Shalat Dzuhur berjamaah," katanya.

Menurut mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Situbondo itu, mengajak seluruh PNS di Situbondo shalat berjamaah pada jam kantor sebenarnya sudah menjadi program Bupati Situbondo Dadang Wigiarto sejak tiga tahun lalu.

Saat ini ia meneruskan program tersebut untuk memberikan kesehtan rohani atau mental dan kejiwaan PNS serta jasmani untuk kesehatan fisik agar dapat dijaga dan dipertahankan dengan cara melakukan pola hidup sehat.

"Salah satunya untuk kesehatan jasmani kita mengajak PNS melakukan olah raga bersama di alun-alun seminggu sekali seusai melaksanakan Shalat Subuh berjamaah," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016