Surabaya (Antara Jatim) - Tim Gegana Polda Jatim meledakkan barang bukti rangkaian bom yang disita Tim Detasemen Khusus 88 Mabes Polri dari hasil penggerebekan di tiga lokasi berbeda, Kamis.

"Tiga bom adalah hasil penggerebekan yang dilakukan pada Rabu (8/6) di Surabaya," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Iman Sumantri di lokasi peledakan di tanah kosong kawasan Osowilangon Surabaya.

Bom pertama yang diledakkan merupakan jenis rakitan dengan model menggunakan ponsel sebagai pemicunya, kemudian bom jenis jenis pipa, serta bom ketiga yang memiliki daya ledak cukup besar.

Bom ketiga tersebut, kata dia, merupakan model yang peledakannya cukup terkena sinar matahari, memiliki berat enam kilogram dengan radius ledakan cukup jauh.

Menurut dia, dari hasil operasi Tim Densus 88, telah disita 23 rangkaian bom, dengan tiga sudah diledakkan, kemudian 20 rangkaian lainnya belum jadi.

Ketika disinggung motif maupun sasaran peledakan, perwira menengah itu enggan berkomentar lebih jauh karena merupakan wilayah Mabes Polri.

"Yang pasti tiga bom itu ditemukan dalam keadaan siap diledakkan," katanya.

Sehari sebelumnya, Tim Densus 88 Mabes Polri telah mengamankan tiga terduga teroris di tiga lokasi berbeda di Surabaya, yaitu di Lebak Timur, Kalianak dan Lebak Agung.

Tiga terduga teroris yang diamankan dan harus dimintai keterangannya masing-masing berinisial Pur, Fn dan Brn. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016