Jember (Antara Jatim) - Kuota calon mahasiswa baru jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) tahun 2016 di Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur, meningkat dari kuota awal sebanyak 750 mahasiswa menjadi 1.000 mahasiswa.

"Alhamdulillah kuota SPAN PTKIN di IAIN Jember meningkat karena berdasarkan hasil rapat kelulusan SPAN di Jakarta, kampus yang peminatnya sangat banyak akan mendapat tambahan kuota seperti di IAIN Jember," kata Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto di Jember, Selasa.

Menurut dia, pendaftar SPAN PTKIN IAIN Jember tahun 2016 sebanyak 6.640 orang, padahal tahun lalu yang berminat mendaftar di IAIN Jember sebanyak 4.000, sehingga ada peningkatan yang cukup signifikan tahun ini.

"Untuk fakultas yang paling banyak diminati, masih Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Lalu Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah, serta Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora," tuturnya.

Jumlah peserta yang mendaftar SPAN PTKIN di FTIK sebanyak 3.043 orang, FEBI sebanyak 2.049 orang, Fakultas Dakwah sebanyak 554 pendaftar, Fakultas Syariah sebanyak 531 pendaftar, dan Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora sebanyak 463 orang.

Pengumuman kelulusan calon mahasiswa yang mendaftar SPAN PTKIN dalam jaringan (daring) bisa dilihat di laman http://www.span-ptkin.ac.id/ pada Senin (23/5).

"Selanjutnya, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SPAN PTKIN IAIN Jember, maka diwajibkan melakukan proses registrasi pada tanggal 14-15 Juni 2016. Kalau tidak registrasi, maka kami anggap gugur," katanya menambahkan.

Jumlah peserta program Bidik Misi tahun 2016 untuk calon mahasiswa kurang mampu di IAIN Jember sebanyak 105 orang dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan selama tiga tahun terakhir sejak 2013-2015 totalnya sebanyak 281 orang.

Babun mengatakan ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru di IAIN Jember yakni SPAN PTKIN dengan kuota 50 persen, jalur Ujian Mandiri dengan kuota 30 persen, dan jalur Ujian Mandiri lokal sebanyak 20 persen.

"Setiap tahun jumlah calon mahsiswa baru yang diterima di IAIN Jember berkisar 1.500-2.000 orang dan semua calon mahasiswa baru tahun ini harus masuk pesantren di lingkungan kampus setempat," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016