Bojonegoro (Antara Jatim) - Harga bawang merah di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mulai turun menjadi berkisar Rp19.000-Rp22.000 per kilogram yang semula sempat mencapai Rp35.000 per kilogram, sejak dua hari lalu.
     
Seorang pedagang bawang merah asal Desa Temayang, Kecamatan Temayang, Bojonegoro Ny. Muntiah, menjelaskan turunnya harga bawang merah karena sejumlah pedagang bisa mendatangkan bawang merah dari Nganjuk dan Juwana, Jawa Tengah.
     
Padahal, menurut dia, pasokan bawang merah di daerah setempat sempat tersendat karena produksi bawang merah lokal, di sejumlah desa di Kecamatan Temayang, Gondang dan kecamatan lainnya sudah habis.
     
"Di Juwana, Jawa Tengah, sekarang ini panen raya bawang merah. Saya bisa mendatangkan bawang merah 3 ton bisa habis tidak lebih dua hari dengan harga berkisar Rp19.000-Rp21.000 per kilogram," paparnya.
     
Seorang pedagang bawang merah lainnya juga asal Kecamatan Temayang, Bojonegoro Siti Mutmainah mengaku sekarang ini mendatangkan bawang merah dari Nganjuk sekitar 2,5 ton karena melihat pasokan bawang merah di daerah setempat berkurang.
     
"Saya menjual bawang merah asal Nganjuk Rp22.000 per kilogram, sebab lebih besar dibandingkan bawang merah asal Juwana," ucapnya.
     
Siti optimistis bawang merah yang didatangkan dari Nganjuk bisa habis karena pasokan bawang merah di daerah setempat menjelang Puasa Ramadhan berkurang drastis.
     
"Cuma harganya tidak terlalu tinggi sebab pasokan bawang merah juga datang dari daerah lainnya," ujarnya.
     
Di lain pihak seorang pedagang bawang putih asal Desa Jatirogo, Kecamatan Jatirogo, Tuban Duki menjelaskan harga bawang putih sekarang ini Rp29.500 per kilogram, yang semula Rp25.000 per kilogram, sepekan lalu.
     
Ia mengaku baru mendatangkan bawang putih impor yang dibeli dari pedagang di Kecamatan Jatirogo, Tuban, dengan jumlah sekitar 3 ton.
     
"Kalau saya menjual bawang putih Rp32.000 per kilogram," ucap seorang pedagang pracangan di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro Ny. Endang, menambahkan.
     
Menurut dia, harga sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan menjelang Puasa Ramadhan, antara lain, bawang merah, bawang putih, gula, minyak curah dan telur. 
     
Data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota, Bojonegoro bahwa harga telur berkisar Rp19.500 -Rp20.000 per kilogram, minyak curah Rp11.000 per liter, dan gula Rp16.000 per kilogram. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016