Bondowoso (Antara Jatim) - Sebanyak 338 peserta lomba lari lintas alam dari berbagai daerah di Indonesia dan peserta mancanegara meriahkan Ijen Festival di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pada Minggu dini hari dengan melintasi kawasan wisata Kawah Ijen.

"Lomba "trail running" adalah salah satu dari rangkaian kegiatan Ijen Festival Bondowoso 2016. Lomba ini dalam pelaksanaannya dilakukan pada dinihari atau pukul 00:00, dan lomba lari lintas alam ini terbagi empat kategori, yakni kategori jarak tempuh 10 kilometer, 21 kilometer, 42 kilometer dan kategori 70 kilometer," ujar Bupati Bondowoso, Amin Said Husni di Bondowoso, Minggu dinihari.

Ia mengemukakan, dari ratusan peserta lomba lari lintas alam pada malam hari, itu dilaksanakan pada malam hari karena memang sesuai aturan lomba "trail running" ditetapkan pelaksanaannya pada dinihari. 

Para peserta lomba akan melintasi rute kawasan wisata Kawah Ijen, dengan start dimulai dari Lapangan Hasanudin Desa Kalisat, Kecamatan Sempol. Peserta kategori 70 Kilometer tersebut juga dapat menikmati keindahan alam kawasan wisata yang terkenal api birunya itu pada malam hari.


Bagi peserta lomba lari maraton yang akan menempuh jarak 70 kilometer, kata dia, akan melintasi beberapa kawasan wisata di lereng Gunung Ijen dan Gunung Raung Kecamatan Sempol. Selanjutnya mereka akan kembali ke finis di Lapangan Hasanudin. 

"Peserta lomba diperkirakan akan tiba di finis sekitar pukul 09:00 Wib, atau rute "trail running" 70 kilometer akan ditempuh selama kurang lebih dari sembilan jam," katanya.

Amin menjelaskan, peserta lomba lari pada malam hari, itu diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan juga puluhan peserta dari 17 mancanegara di Asia, Eropa dan Amerika.

"Lomba "trail running" di Kabupaten Bondowoso, ini sudah yang kedua kali. Sebelumnya pada 2015 dan berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun  mancanegara untuk ikut serta dalam lomba yang sudah menjadi agenda tahunan ini," katanya menjelaskan.

Sementara salah satu peserta asal Jimbaran, Bali, Wayan Sudana mengatakan senang mengikuti lomba lari lintas malam di Bondowoso, dan ia sudah mengikuti lomba lari tersebut yang kedua kalinya.

"Seru aja ikut lomba lari pada malam hari di kawasan wisata Kawah Ijen. Karena selain kita dapat menikmati suasanan alam pada malam hingga pagi hari, juga semakin menambah pengetahuan tentang perkebunan kopi di Bondowoso dan wisata selain Kawah Ijen yang dilintasi dalam lomba "trail running" ini," ujarnya.

Ratusan peserta tampak antusias mengikuti lomba tersebut. Berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam perjalanan juga disiapkan oleh masing-masing peserta, mulai dari lampu senter dan peralatan lainnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016