Madiun (Antara Jatim) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero cabang Madiun mendistridusikan sebanyak 2.500 kilogram gula kristal putih di wilayah setempat guna mengantisipasi lonjakan harga komoditas tersebut di pasaran menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

General Manager PT PPI (Persero) Cabang Madiun, Diah Mawarni, Jumat, mengatakan, pendistribusian gula kristal putih tersebut dilakukan dengan skema pasar murah yang telah berlangsung sejak sepekan terakhir.

"Sejauh ini gula yang telah didistribusikan ke masyarakat mencapai 2,5 ton atau 2.500 kilogram. Jumlah itu akan terus bertambah karena pasar murah gula juga masih terus dilakukan hingga memasuki bulan Ramadhan nanti," ujar Diah Mawarni kepada wartawan.

Menurut dia, gula kristal putih tersebut didistribusikan dengan menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pasar setempat. Adapun lokasi pendistribusian akan ditentukan oleh Dinas Perindusrian dan Perdagangan serta Dinas Pasar Kota Madiun menyesuaikan dengan kebutuhan.

"Pendistribusian selama ini dilakukan di Pasar Srijaya, Pasar Kojo, Pasar Winongo. Dan rencananya besok Sabtu (21/5) akan dilaksanakan di Pasar Sleko," kata Diah.

Adapun alokasi gula kristal putih yang akan didistribusikan di Pasar Sleko Kota Madiun berkisar antara 750 kilogram hingga 1.000 kilogram. Tergantung dari Disperindag dan Dinas Pasar setempat.

Ia menilai animo masyarakat cukup tinggi, mengingat harga jual yang dipatok terpaut cukup tinggi dengan harga gula di pasaran. Saat ini harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional di Kota Madiun berkisar antara Rp15.000 hingga Rp16.000 per kilogram.

"Sedangkan harga jual dalam pasar murah gula PPI adalah Rp12.000 per kilogram. Masing-masing pembeli dibatasi hanya bisa membeli dua kilogram saja," kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pasar murah gula yang digelar di Kota Madiun tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan pasar murah gula yang dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia oleh PT PPI (Persero). Jumlah total gula yang didisribusikan ke masyarakat mencapai 190.000 ton gula kristal putih.

Adapun tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah menurunkan harga bahan pokok yang setiap memasuki bulan puasa dan Lebaran mengalami kenaikan, terutama untuk komoditas gula pasir. Hal itu sebagai bentuk keseriusan PT PPI (Persero) dalam menjalankan penugasan dari pemerintah sebagai stabilisator harga dan pemegang stok gula kristal putih. 

"Sejauh ini kegiatan pasar murah belum masif, sehingga harga gula di pasaran masih tergolong tinggi. Sesuai rencana, kegaiatn akan terus dilakukan hingga Ramadhan mendatang," tambahnya.

Pihaknya berharap agar gula kristal putih yang didistribusikannya tersebut diserap secara langsung oleh masyarakat, sehingga harga gula di pasaran dapat terkerek turun. (*)
     
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016