Surabaya (Antara Jatim) - Sebuah karya seni instalasi berupa patung Buddha dari kardus akan mewarnai perayaan Vesak Festival 2016 yang diselenggarakan Young Buddhist Association, 18-22 Mei di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Koordinator Umum Vesak Festival 2016 Isahito N di Surabaya, Selasa, mengatakan patung Buddha itu sengaja dibuat dari bahan kardus supaya setelah perayaan selesai bisa didaur ulang kembali.

"Patung Buddha itu akan memiliki tinggi sekitar 8 meter dengan jumlah kardus yang butuhkan sebanyak 1.500 potong," katanya saat temu media.

Ia mengemukakan Vesak Festival 2016 mengangkat tema `Selfless` dengan memberikan gambaran tentang pentingnya sifat nonegois dalam segala aspek kehidupan sesuai ajaran Agama Buddha.

"Dengan tema ini diharapkan dapat membawa perubahan yang baik dalam kehidupan seseorang serta lingkungan sekitarnya," katanya.

Ia mengatakan, selain patung Buddha dari kardus pada festival ini juga akan ditampilkan diorama-diorama bernuansa Buddhisme yang unik dan menarik.

"Antara lain diorama kelahiran Sang Buddha Gautama, Diorama wajah Buddha, diorama enam kualitas kesempurnaan dan diorama Aspiration Tree," katanya.

Di Samping itu, kata dia, sesuai tema yang diangkat panitia juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan didukung oleh Rotary Club Surabaya Jembatan Merah mengadakan donor darah di salah satu sudut pameran.

"Kami juga akan menampilkan Cancer Awarness Community untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai keadaan para penderita kanker di Indonesia. Aktivitas utama yang diusung adalah gerakan sosial dengan cara mendonorkan rambut untuk meningkatkan kesadaran dan juga menunjukkan empati terhadap para penderita kanker," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016