Magetan (Antara Jatim) - Ketua Komisi Pemberatantasan Korupsi (KPK) RI, Agus Rahardjo, mengajak semua elemen dari masyarakat untuk ikut mengawasi proses pelayanan publik yang rawan penyelewengan dan kurang trasnparan.

Hal itu disampaikan Agus Rahardjo kepada ratusan siswa saat memberikan materi sesaat dalam kegiatan kelas inspirasi di aula SMA Negeri 1 Magetan, Jawa Timur, Jumat.

"Korupsi di Indonesia sangat banyak, baik yang melibatkan pejabat di daerah maupun pusat. Selain itu, masih banyak pula kasus korupsi yang sedang ditangani dan yang mungkin belum dapat terungkap karena minimnya pengawasan," ujar Agus Rahardjo saat memberikan materi di depan kelas.

Ia menilai, lembaga pendidikan juga rentan dengan penyelewengan keuangan negara. Karena itu, pihaknya mengingatkan semua pihak, termasuk para siswa, untuk peka dan berani melaporkan setiap pelanggaran ataupun pungutan liar yang terjadi di instansi layanan publik termasuk lembaga pendidikan.

Guna memberantas tindak pidana korupsi, KPK juga berencana akan meluncurkan aplikasi yang memungkinkan tiap pihak ikut melakukan pengawasan atau melaporkan penyimpangan.

Sementara, materi yang disampaikan pria kelahiran Magetan tersebut berlangsung sangat santai. Pria yang juga alumni SMA Negeri 1 Magetan tersebut terlihat akrab dengan para siswa dan guru sekolah setempat.

Ratusan siswa dari kelas 10 hingga 12 terlihat antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh Agus Rahardjo, baik tentang penanganan korupsi di Indonesia maupun imbauan untuk menjadi generasi muda yang jujur dan menjauhi korupsi.

Seperti diketahui, Ketua KPK RI Agus Rahardjo dijadwalkan berada di Kabupaten Magetan dalam rangka menghadiri acara reuni akbar tahun 2016 alumni SMA Negeri 1 Magetan yang juga merupakan sekolahnya dulu.

Selain Agus Rahardjo, hadir juga sejumlah tokoh lain asal Magetan yang sukses di luar daerah. Di antaranya, Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsekal Madya TNI Ismono Wijayanto. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016