Malang (Antara Jatim) -  Bagi para pecinta atau pehobi ikan hias, rasanya sentra ikan hias di Pasar Splendid merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat Anda berwisata ke Kota Malang, Jawa Timur.

Berada di pusat Kota Malang, tak sulit untuk mencari pasar yang telah dibangun sejak tahun 1960-an tersebut. Pasar Splendid, tepatnya terletak di Jalan Brawijaya Kota Malang, atau sekitar 500 meter dari Balai Kota Malang dan Stasiun Malang Baru.

Tak tahu mengapa disebut Splendid, namun pasar itu bagaikan surganya para pecinta ikan hias. Buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, aktivitas di Pasar Splendid tidak pernah sepi. Di pasar tersebut terdapat ratusan kios pedagang ikan hias, baik air tawar maupun air laut. Namun, mayoritas tetaplah ikan hias air tawar.

Khusus kios ikan hias, terdapat di sebelah bawah Pasar Splendid yang berkembang mengikuti kontur tanah di Kota Malang yang naik dan menurun. Sedangkan bagian atas, merupakan sentra hewan peliharaan seperti berbagai jenis burung, kucing, hamster, dan segala perlengkapannya, serta sentra tanaman hias.

Ada puluhan jenis ikan hias yang dijual di pasar tersebut. Mulai dari ikan koi, cupang, discus, komet, lemon, sumatra, palmas, manvis, koki, molli, louhan, guppy, arwana, dan masih banyak lagi. Harga ikan hias itu bervariasi, mulai dari Rp1.000 hingga jutaan rupiah per ekornya.

Selain ikan hias, sentra ini juga menjual peralatan memelihara ikan, seperti akuarium, tanaman hias akuarium, filter air, dan pakan ikan.

Memasuki kawasan itu, mata kita akan dibuat terpesona dengan deretan ratusan akuarium penuh dengan ikan hias yang berwarna-warni. Adanya tanaman hias di dalam akuarium yang hijau segar, semakin membuat pemandangan dalam akuarium terlihat kontras dan menarik pengunjung.

Salah satu pedagang ikan hias di Pasar splendid, Eka Kurniawan, mengatakan, setiap hari pengunjung yang datang ke Pasar Splendid tak pernah sepi.

"Kalau hari Minggu atau pas momentum liburan, pasti lebih ramai lagi. Pecinta dan pehobi ikan hias itu tidak ada matinya. Mulai dari anak-anak hingga dewasa," kata dia.

Bahkan, untuk memuaskan kecintaannya pada ikan hias, para pehobi tersebut rela menghabiskan uang hingga jutaan rupiah. 

"Ikan hias apa saja ada di sini (Splendid). Para pemilik kios biasanya berusaha menyediakan berbagai macam ikan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh pecinta ikan hias," tuturnya.

Untuk omzet, rata-rata sehari bisa mendapat Rp300.000-Rp500.000, tergantung dari ramai dan sepinya pengunjung. Bahkan jika sedang ramai, omzet per bulan bisa mencapai Rp30 juta dengan keuntungan sekitar 30 hingga 40 persennya.

Salah satu pengunjung dari Madiun, Stevani, mengaku senang berada di sentra ikan hias Pasar Splendid Malang. Ia sangat suka melihat gerak ikan hias berwarna-warni di akuarium.

"Ikannya bagus-bagus dan warnanya cerah. Sangat senang dan tertarik melihat ikan hias sebanyak itu," ucapnya.

Ia mengaku baru kali pertama datang ke Pasar Splendid dan langsung "jatuh cinta". Ia menyatakan Pasar Splendid merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta dan pehobi ikan hias.

"Di Madiun belum ada sentra ikan hias seramai dan seluas ini. Datang ke sini rasanya tidak bosan melihat ikan hias yang lucu dan menarik," imbuhnya.

Sesuai informasi, ikan hias yang dijual tersebut ada yang didatangkan dari daerah Tulungagung, Blitar, dan Kediri, namun ada juga yang dibudidayakan sendiri oleh warga Malang. 

Sementara, data Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI) menyebutkan, perdagangan secara global ikan hias di Indonesia bisa mencapai lebih dari 5 miliar dolar AS dengan pertumbuhan 8 persen per tahun. Sebagian besar ikan hias tersebut, yakni 85 persennya merupakan ikan hias air tawar, dan sisanya 15 persen merupakan ikan hias air laut.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa bisnis ikan hias di Indonesia menjadi salah satu bisnis yang paling banyak digeluti dan disukai. 

Dengan kata lain, keberadaan ikan hias tidak hanya memuaskan para pecinta dan pehobinya saja, namun juga meningkatkan perekonomian para pembudidayanya dan juga para pedagangnya. 

Pemerintah Kota Malang juga telah menetapkan Pasar Splendid sebagai salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang datang di Kota Malang. Jadi, bagi para pecinta ikan hias ataupun burung, pastikan mampir ke Pasar Splendid Malang. Dijamin, Anda akan puas. Kalaupun tidak membeli, Anda bisa menikmati tingkah polah hewan peliharaan yang dijual di sana untuk menghilangkan rasa penat dan stres. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016