Jakarta (Antara) - Sejumlah jabatan strategis di lingkungan Korps Marinir TNI Angkatan Laut resmi diserahterimakan dalam upacara serah terima jabatan yang dipimpin Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Buyung Lalana.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah jabatan strategis itu berlangsung di lapangan apel Mako Kormar, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No 40, Jakarta Pusat, Rabu.

Sejumlah jabatan strategis di lingkungan Korps Marinir yang diserahterimakan yakni Komandan Pangkalan Korps Marinir (Danlanmar) Surabaya dari Kolonel Mar Nur Hidayat kepada Kolonel Mar Atam, Komandan Pangkalan Korps Marinir (Danlanmar) Jakarta dari Kolonel Mar Gatot Mardiyono kepada Kolonel Mar Teguh Widodo, Komandan Detasemen Markas, Markas Komando Korps Marinir (Dan Denma Mako Kormar) dari Letkol Mar Ruslan Arief kepada Letkol Mar Agus Taruna.

Kolonel Mar Nur Hidayat selanjutnya akan menempati jabatan sebagai Kepala Departemen Marinir Akademi Angkatan laut (Kadepmar) AAL, sedangkan Kolonel Mar Atam sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Material Korps Marinir (Kadismat Kormar).

Sementara itu Mantan DanLanmar Jakarta Kolonel Mar Gatot Mardiyono akan mendapatkan jabatan baru sebagai Koordinator Dosen Sekolah Staf dan Komando Angkatan laut (Koordos Seskoal), sedangkan Kolonel Mar Teguh Widodo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Administrasi dan Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar).

Selanjutnya mantan Dandenma Mako Kormar Letkol Mar Ruslan Arief akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Dan Pasmar 1, sementara Letkol Mar Agus Taruna sebelumnya menjabat sebagai Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanmar Jakarta.

Upacara serah terima jabatan tersebut ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan, penyerahan tongkat komando, penyerahan Dhuaja dan tunggul, serta penandatanganan naskah serah terima jabatan, yang diakhiri dengan laporan resmi kepada Dankormar selaku Inspektur Upacara.

Upacara yang dikomandani Pasops Lanmar Surabaya Letkol Mar Sunardi itu melibatkan ratusan Prajurit Korps Marinir dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Korps Marinir gabungan dari sejumlah Kesatuan Korps Marinir yang ada di wilayah Jakarta.

Dankormar juga memimpin serah terima jabatan Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar) dari Kolonel Mar Endi Supardi yang saat ini menjabat sebagai Dan Denma Mabesal, kepada Kolonel Mar Hermanto yang telah merampungkan Sesko TNI di Bandung.

Bersamaan dengan sertijab Asrena Dankormar, dilakukan pula serah terima jabatan Kepala Dinas Administrasi dan Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar) dari Kolonel Mar Teguh Widodo yang kini menjabat sebagai Danlanmar Jakarta, kepada Letkol Mar Suwandi yang sebelumnya menjabat sebagai Kadispen Kormar.

Selain itu, serah terima jabatan juga dilakukan terhadap Kepala Dinas Material Korps Marinir (Kadismat Kormar) dari Kolonel Mar Atam yang mendapat tugas dan jabatan baru sebagai Danlanmar Surabaya, kepada Letkol Mar Hariadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Dinas Perbekalan (Kasubdisbek) Dismat Kormar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika Korps Marinir (Kadiskomlek Kormar) dari Kolonel Mar Edy Cahyo Sumarno yang telah  menjabat sebagai Komandan Resimen Bantuan Tempur 1 (Danmenbanpur 1) Korps Marinir kepada Letkol Mar Sugiyanto, (mantan Paban BMN Slog Kormar), serta jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dari Letkol Mar Suwandi kepada Letkol Mar Akhmad Hanifa yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pembantu Pengendali Personel Staf Personel Korps Marinir (Pabandalpers Spers Kormar).

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Mar Buyung Lalana, meyakini bahwa para pejabat baru yang telah dilantik tersebut akan mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya.

"Komandan yakin dan percaya dengan berbekal pendidikan serta pengalaman pada penugasan sebelumnya, saudara akan mampu mengemban tugas dengan sebaik-baiknya," kata Dankormar.

Pemimpin tertinggi Korps baret ungu itu juga berharap, serah terima sejumlah pejabat utama ini dapat membawa semangat dan energi baru serta penyegaran ide-ide pemikiran di lingkungan kerja masing-masing, sehingga secara sinergis mampu menghasilkan output yang lebih berkualitas dari waktu ke waktu secara terus menerus.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Hasanuddin, para pejabat utama Korps Marinir, seluruh Komandan Komando Pelaksana (Dankolak) Korps Marinir TNI Angkatan Laut, sejumlah perwakilan dari TNI dan Polri. (*)

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016