Situbondo (Antara Jatim) Ribuan Pelajar di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu merayakan kelulusan dengan melakukan bakti sosial memberikan sembako kepada abang becak di jalan kota dan memungut sampah-sampah di jalan.

“Yang melakukan kegiatan bakti sosial untuk merayakan kelulusan ini dari SMA Negeri 1 Situbondo, SMA Negeri 2 Situbondo, SMA Negeri 1 Panarukan, SMA Negeri 1 Panji, dan SMA Negeri 1 Kapongan,” ujar Koordinator Aksi Gerakan Kelulusan Berkontribusi yang juga Ketua Osis SMA Negeri 1 Situbondo Pandu Waliyuu di Situbondo.

Ia mengemukakan sengaja mengoordinir lima sekolah menengah atas yang berada di sekitar lingkungan kota, merayakan kelulusan tahun ini yang bermanfaat dan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan menggelar bakti sosial.

Menurutnya, selama ini pelajar SMA merayakan kelulusan dengan cara berkonvoi dan kegiatan lainnya yang dapat mengganggu pengguna jalan lain. Sehingga banyak yang menilai negatif ketika pelajar merayakan hal seperti itu.

“Memang teman-teman masih banyak yang mencorat-coret baju seragam, tapi sebagaian besar juga sudah banyak yang memberikan bajunya kepada adik kelasnya. Dan kegiatan lima sekolah yang kita koordinir melakukan bakti sosial ini memberikan sembako kepada abang becak dan memungut sampah di daerah perkotaan,” tuturnya.

Pandu berharap pada tahun berikutnya, kegiatan bakti sosial dalam rangka merayakan kelulusan bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya dan menjadi kegiatan yang positif.

Sementara Bupati Situbondo Dadang Wigiarto menyambut positif kegiatan pelajar yang melaksanakan bakti sosial tersebut. Karena nantinya dapat menjadi contoh bagi adik-adik kelas mereka di tahun yang akan datang akan melakukan hal yang sama.

“Kegiatan ini kami sangat mendukung, apalagi inisiatif menggelar kegiatan bakti sosial pada momentum kelulusan dari siswa sendiri. Dengan membagikan sembako kepada warga miskin itu menunjukkan pelajar di Situbondo sangat peduli terhadap saudara mereka yang kurang mampu,” katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016