Surabaya, (Antara Jatim) - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat keberangkatan penumpang dari wilayah itu pada masa libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj mencapai 32 ribu per hari.
     
"Lonjakan penumpang itu tercatat sudah terjadi sejak Rabu (4/5). Dan ini diprediksi akan terus meningkat hingga puncaknya pada Minggu (8/5)," ucap Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto, di Surabaya, Jumat.
     
Ia mengatakan jumlah itu meningkat dibanding pemberangkat hari biasa yang mencapai 20 ribu penumpang.
     
Suprapto menjelaskan total daya angkut untuk KA jarak jauh/menengah berjumlah 15.000 penumpang per hari, ditambah daya angkut KA jarak dekat 25.000 penumpang per hari.
    
"Kalau kondisi normal Daop 8 Surabaya mengangkut penumpang sekitar 20 ribu hingga 25 ribu penumpang per hari, dan kalau libur 'week end' antara 25.000 sampai 30.000 penumpang per hari," ucapnya.
      
Suprapto menjelaskan, libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj kali ini, masuk dalam kategori libur istimewa, sebab sudah di atas 30 ribu per harinya.
     
"Jadi kami sejak tanggal 4 Mei sampai nanti tanggal 8 Mei 2016, Daop 8 Surabaya sudah memasuki kondisi istimewa dan bersiaga karena padatnya penumpang," ucapnya.
     
Terkait dengan kota yang menjadi tujuan favorit penumpang dari Surabaya atau Malang di antaranya Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Jember/Banyuwangi, Semarang dan Purwokerto.
     
Untuk ketersediaan tiket, Suprapto mengaku untuk hari ini dan Sabtu (7/5) hanya tinggal 5 persen, sedangkan Minggu (8/5) sudah habis untuk relasi Surabaya ke Jakarta dan Bandung.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016