Sidoarjo (Antara Jatim) - Ribuan calon penumpang memadati Terminal Purabaya Surabaya menyusul adanya liburan panjang sejak Kamis sampai dengan Minggu (8/5) dengan memanfaatkan berkunjung ke sanak keluarga di kota lain.

Salah seorang calon penumpang bus jurusan Surabaya - Jogjakarta Siti Fatimah, Kamis, mengatakan, dirinya sengaja ingin berkunjung kepada orang tuanya yang berada di Jogjakarta.

"Mau naik kereta sudah kehabisan tiket, dan pilihan berikutnya adalah naik bus ke Jogjakarta," katanya.

Ia mengatakan, sengaja berangkat pada Kamis hari ini karena sebelumnya mendapatkan kabar kalau pada Rabu (4/5) penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus ini sempat membeludak.

"Prediksi saya hari ini sudah mulai sepi seperti pada mudik lebaran. Tetapi ternyata sekarang ini juga masih tetap ramai dan harus berdesakan untuk bisa masuk bus," katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Terminal Purabaya May Ronald mengatakan, pada saat liburan panjang ini memang banyak warga masyarakat yang menggunakan sarana angkutan bus.

"Jurusan yang paling padat yaitu Surabaya-Trenggalek dan juga Surabaya-Solo-Jogjakarta yang banyak menyedot jumlah penumpang yang ingin berpergian menggunakan bus," katanya.

Ia mengatakan, pada saat libur panjang seperti sekarang ini diperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan angkutan di Terminal Purabaya Surabaya mencapai sekitar 60 ribu orang penumpang.

"Jumlah ini naik jika dibandingkan dengan hari-hari biasa yang jumlahnya bisa mencapai sekitar 30 orang pada saat akhir pekan seperti biasa," katanya.

Pada pelaksanaan liburan panjang seperti sekarang ini, pengemudi angkutan bus yang ada di Terminal Purabaya melaksanakan tes narkoba dan juga pemeriksaan kesehatan.

Selain itu, penjagaan dari petugas kepolisian juga dilakukan untuk menjaga keamanan yang ada di dalam lingkungan Terminal Purabaya Surabaya mengingat jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan ini mencapai ribuan orang.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016