Surabaya (Antara Jatim) - Delegasi Marinir Amerika yang dipimpin Deputy Commanding General III Marine Expeditionary Force, UMSC And Commanding General, 3rd Marine Expeditionary Brigade, Brigadier General Jhon M. Jansen, mengunjungi Markas Koarmatim, Ujung, Surabaya, Selasa.
     
Rombongan itu diterima Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mintoro Yulianto mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto di Ruang VIP Gedung Laksamana Nala Koarmatim, Ujung, Surabaya.
     
Dalam sambutannya, Kasarmatim menyampaikan hubungan baik telah lama terjalin antara TNI AL dengan Angkatan Bersenjata Amerika melalui program latihan bersama seperti Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) dan Rim of Pacific (RIMPAC).
     
"Keduanya merupakan bentuk kerja sama dalam bidang operasi dan latihan, hal ini tentunya akan membangun persaudaraan dari kedua negara yang berbeda tersebut," kata Jenderal Berbintang Satu itu.
     
Didampingi dua Perwira Staf United States Marine Corps (USMC), ia menyatakan kunjungan kali ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan kerja sama militer antara USMC dengan TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmatim.
     
"Brigadir General Jhon M. Jansen ingin mengajak Marinir Indonesia untuk melaksanakan Latihan bersama Operasi Amfibi berskala besar dengan melibatkan unsur-unsur KRI," katanya.
     
Selain Kasarmatim, hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Pater Sahli Pangarmatim Kolonel Mar Tori Subiyantoro, Asisten Intelijen (Asintel) Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo (Han) dan Asisten Personel (Aspers) Pangarmatim Kolonel Laut (P) R. Joko Heriayanto.
     
Sebelumnya, TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika (US Navy) telah membahas skenario latihan bersama yang bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016 dalam serangkaian pertemuan teknis.
     
Rencananya, CARAT 2016 dilaksanakan pada awal Agustus 2016. CARAT 2016 tidak hanya diisi dengan kegiatan latihan bersama antara kedua Angkatan Laut, namun kegiatan latihan bersama ini juga akan diisi dengan kegiatan sosial.
     
Kegiatan itu antara lain bakti sosial, santunan panti asuhan, simposium, Band Clinic, pentas musik serta olahraga bersama yang melibatkan personel US Navy, TNI Angkatan Laut,  masyarakat umum dan siswa dari beberapa sekolah wilayah Surabaya dan sekitarnya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016