Jember (Antara Jatim) - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IKIP PGRI Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di bundaran DPRD setempat, Senin.

Sejumlah aktivis membagikan bunga dan bolpoin kepada pengguna jalan di bundaran DPRD Jember sebagai aksi simpatik dan simbol untuk mengajak masyarakat untuk terus belajar meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Kami merasa prihatin dengan kondisi pendidikan di Indonesia karena banyak masyarakat yang mengeluhkan mahalnya biaya pendidikan, sehingga mereka memutuskan untuk tidak sekolah," kata koordinator aksi, Deny Ari Saputra di sela-sela unjuk rasa di bundaran DPRD Jember.

Menurut dia, potret pendidikan saat ini masih jauh dari kata layak dan Indonesia sebagai sebuah negara berkembang memiliki masalah besar dalam bidang pendidikan, sehingga perlu kerja sama semua pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Pendidikan di Indonesia masih belum mampu mencetak manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang," tuturnya.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang juga merupakan hari lahirnya pelopor pendidikan Ki Hajar Dewantara, PMII IKIP PGRI Jember mendesak pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik dan memiliki kreativitas yang tinggi.

"Selama ini terkesan pendidikan di Indonesia menghasilkan 'manusia robot' yang patuh terhadap guru dan tidak memiliki kreativitas untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas," ujarnya.

Persoalan klasik, lanjut dia, seperti mahalnya biaya pendidikan dan rendahnya sarana pendidikan masih menjadi masalah yang belum terselesaikan di Indonesia.

"Saya berharap momentum Hardiknas menjadi tonggak bagi pemerintah dan semua pihak untuk membenahi potret pendidikan di Indonesoa," katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Jember Faida dalam upacara Hardiknas di alun-alun kabupaten setempat menyerukan kepada para pendidik untuk bekerja lebih profesional lagi, agar Kabupaten Jember memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik.

"Saya merasa bangga dengan para guru yang tidak pernah lelah mendidik anak bangsa, mari kita tingkatkan kinerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa di Jember," tuturnya.

Dalam upacara Hardiknas tersebut, Bupati Jember memberikan hadiah dan piagam penghargaan kepada guru dan siswa yang berprestasi baik tingkat lokal, nasional hingga internasional.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016