Surabaya (Antara Jatim) - Mantan Bupati Lamongan Masfuk mengingatkan para alumnus  SMP Muhammadiyah 5 (Spemma) Surabaya tidak berhenti menghasilkan kegiatan produktif di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan maupun ekonomi.

"Alumnus-alumnus yang sekarang ini harus tetap bersatu dan menghasilkan kegiatan produktif," ujarnya saat menjadi pembicara pada Rakernas 2016 Ikatan Alumni Spemma bertema "Bekerja mulia membangun ukhuwah Ika Spemma yang maju, adil untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan" di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, perekonomian Indonesia harus mendapat direspon positif dan cepat, khususnya dari umat Islam karena merupakan bangsa besar dan memiliki potensi maupun sumber daya alam cukup bagus.

"Kita juga harus hati-hati karena pasti ada negara-negara lain mengincar bangsa ini. Kalau kita tidur terlelap, nanti terhenyak-henyak dan bukan menjadi bangsa yang besar," ucapnya.

Selain itu, politisi asal Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga mengingatkan para alumnus "Spemma" tak pernah menyerah dan mudah putus asa menghadapi cobaan saat berusaha.

"Nenek moyang kita seorang pelaut yang tak mengenal kata menyerah. Sekali langkah ke depan, pantang surut ke belakang," katanya.

Di sisi lain, menyinggung masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia, masyarakat dinilainya tak perlu khawatir dan dituntut melakukan cara sebagai salah satu wujud kesiapan bangsa di era globalisasi.

"Tidak perlu khawatir tenaga kerja asing masuk Indonesia. Bangsa ini fleksibel dan tak perlu diragukan lagi karakteristik maupun kekuatannya," kata alumnus SMA Muhammadiyah Pare tersebut.

Ia juga optimistis tenaga kerja Indonesia tak akan terpinggirkan karena sudah memiliki bekal dari konsekuensi aturan yang disepakati ASEAN, yaitu MEA sehingga menuntut kesiapan kapanpun dan dalam kondisi maupun situasi apapun.

Sementara itu, Rakernas 2016 IKA Spemma Surabaya dihadiri sekitar 100 orang dengan menghadirkan beberapa narasumber selain Masfuk, di antaranya M. Mirdasy yang merupakan mantan aktivis Pemuda Muhammadiyah, dan Hasan Ubaidilah selaku alumnus SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Rakernas merumuskan program kerja yang akan direalisasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan, antara lain kegiatan komersial, dengan membentuk satu unit usaha, seperti koperasi serba usaha, unit usaha ahli dalam kuliner, informasi teknologi, serta transportasi.

"Hasilnya akan disampaikan ke seluruh anggota, dan wajib hukumnya direalisasikan," kata Ketua panitia Isa Nurudin Ali yang didampingi anggota IKA Spemma Surabaya, Arief Sosiawan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016