Jember (Antara Jatim) - Tim dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memantau persiapan pelaksanaan Kontes Robot Indonesia Regional IV di Politeknik Negeri Jember (Polije) yang digelar 5-7 Mei 2016.

"Dalam monitoring persiapan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 Regional IV, tim dari Kemenristekdikti yang datang ke Polije pada Selasa (26/4) yakni Yudi Harianto dan Eril Mozef, serta Harun Nasrullah yang menjadi juri nasional dari Politeknik Negeri Bandung," kata Humas Polije, Mahsus Nurmanto di Jember, Rabu.

Pemantauan tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung Asih Asah Asuh Kampus Polije yang dihadiri Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polije M. Munih Dian Widianta, Ketua Panitia KRI Nugroho Setyo Wibowo dan semua Koordinator bidang.

"Kami telah menyiapkan dan melakukan koordinasi, serta mengevaluasi tahapan demi tahapan, agar Polije mampu menyelenggarakan KRI 2016 Regional IV dengan baik," kata  Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polije M. Munih Dian Widianta.

Menurutnya, tahapan persiapan panitia sudah dilakukan beberapa bulan lalu, bahkan panitia telah mengirimkan utusan untuk melihat penyelenggaraan KRI 2016 Regional III di Universitas Diponegoro Semarang pekan lalu.

"KRI Regional IV yang dilaksanakan di Kampus Polije tinggal beberapa hari lagi dan kegiatan itu akan iikuti oleh 91 tim robot dari 34 PTN/PTS dari Provinsi Jawa Timur sampai dengan Indonesia bagian timur," tuturnya.

Ketua Panitia KRI 2016 Nugroho mengatakan perkembangan kesiapan sarana dan prasarana yang menyangkut penginapan, GOR sebagai tempat kontes, kepanitiaan, dan urutan acara sudah melebihi penyelenggaraan KRI di regional lain.

"Polije berkomitmen penyelenggaraan dapat disejajarkan dengan skala nasional, meskipun acara itu berskala regional. Hal itu dilihat dari capaian perkembangan masing-masing bidang yang sudah sesuai dengan rencana," ujarnya.

Tim dari Kemenristekdikti, Yudi Harianto memberikan apresiasi atas rencana dan target penyelenggaraan KRI Regional IV serta laporan perkembangan setiap bidang di Polije. 

"Secara umum Polije sudah merencanakan penyelenggaraan KRI Regional IV ini dengan baik. Meskipun kami baru sekali ini melakukan koordinasi, ternyata dari laporan perkembangan setiap bidang sudah sangat menggembirakan. Saya percaya komitmen teman-teman Polije dan semoga hasilnya akan jauh lebih baik," tuturnya.

Polije mendapatkan kehormatan ditunjuk oleh Kemenristekdikti menjadi penyelenggara KRI tahun 2016 Regional IV meliputi Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Provinsi di Pulau Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016