Kediri (Antara Jatim) - Para pemain serta official Persatuan Sepak Bola Indonesia Kediri (Persik) menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh atau "General Check-Up" guna mengetahui kondisi kesehatan pemain sebelum pertandingan TSC 2016.
     
"Ada beberapa yang kami periksa, darah, kolesterol, fungsi ginjal, liver, paru-paru sampa pemeriksaan spesialis penyakit dalam dan ortopedi," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran, Kota Kediri, Fauzan Adima di Kediri, Jawa Timur, Rabu.
     
Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan guna mengetahui kondisi pasti dari para pemain serta Official Persik Kediri. Terlebih lagi, awal Mei 2016, pertandingan sepak bola TSC 2016 akan dimulai.
     
Secara total, terdapat 25 pemain serta official yang menjalani tes kesehatan tersebut. Satu per satu, mereka menjalani tes kesehatan yang dilakukan oleh tim medis, termasuk dari dokter khusus.
     
Fauzan mengatakan, dalam pemeriksaan awal terdapat pemain yang jantungnya sempat bermasalah, namun setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan ternyata jantungnya normal.
     
"Mungkin pas diperiksa awal sempat grogi, tapi setelah kami periksa lagi ternyata normal," ujarnya.
     
Fauzan mengatakan, pada para pemain sepak bola di antaranya banyak yang mengalami cedera di bagian pergelangan kaki serta lutut. Cedera itu paling banyak terjadi akibat cedera lama dan dimungkinkan sudah dalam proses penyembuhan. 
     
"Fungsi liver juga agak tinggi, karena makanan ataupun minuman penambah energi," ujarnya.
     
Untuk pengobatan, kata dia, jika pemain mengalami cedera di bagian pergelangan kaki bisa dilakukan fisioterapi. Namun, jika diharuskan dilakukan pembedahan, maka hal itu juga harus dilakukan.
     
Sementara itu, untuk semprotan anti nyeri yang biasa diberikan pada pemain saat mengalami cedera dalam pertandingan, Fauzan mengatakan hal itu tidak masalah. Cairan itu bisa diberikan jika pemain mengalami cedera ringan, namun jika berat harus dilakukan perawatan lebih lanjut.
     
Dari hasil pemeriksaan itu, lanjut Fauzan, nantinya akan diberikan ke manajemen Persik Kediri. Dari hasil itu, bisa dimanfaatkan oleh manajemen guna memastikan kondisi kesehatan pemain. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016