Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 2.281 lowongan kerja dari 32 perusahaan tersedia "Job Market Fair" (JMF) Jember 2016 yang digelar di Gedung Serbaguna Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

JMF Jember tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief yang didampingi sejumlah pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

"Pemkab Jember menggelar bursa kerja dengan tujuan bisa memberikan peluang kepada para pencari kerja yang selama ini masih belum mendapatkan tempat kerja," tuturnya.

Ia berharap ribuan pencari kerja yang memadati lokasi JMF Jember tersebut dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Jember.

Kepala Seksi Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jember, Sugeng Heri Mulyono, di Jember, mengatakan kegiatan bursa kerja tersebut digelar setiap tahun untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Jember.

"Jumlah lowongan kerja yang tersedia dalam bursa kerja tersebut lebih banyak dibandingkan pada bursa kerja yang digelar pada Desember 2015 yakni sebanyak 1.186 lowongan kerja," tuturnya.

Setiap pencari kerja harus mengisi formulir yang disediakan oleh Disnakertrans dengan jumlah perusahaan yang dituju maksimal tiga perusahaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

"Sebanyak 2.281 lowongan kerja yang disediakan oleh 32 perusahaan tersebut bergerak di berbagai sektor seperti retail, jasa, perbankan, dan industri, namun yang terbanyak adalah lowongan kerja di bidang retail," katanya.

Menurut dia, pada kegiatan bursa kerja tahun 2015 terserap tenaga kerja sebanyak 1.800 orang dan hal tersebut disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan dan keahlian yang diminta masing-masing perusahaan.

"Biasanya dari ribuan lowongan kerja yang tersedia, jumlah tenaga kerja yang terserap rata-rata 75-80 persen karena sebagian tenaga kerja yang mendaftar tidak memiliki persyaratan kompetensi yang diharuskan perusahaan yang bersangkutan," ujarnya.

Data yang tercatat di Disnakertrans Jember, jumlah pengunjung yang memadati JMF Jember lebih dari 3.000 orang dan banyak lulusan dari sejumlah perguruan tinggi negeri atau swasta di Jember yang mengunjungi sejumlah stand perusahaan itu.

Sementara salah seorang pengunjung, Haryono warga Kecamatan Ledokombo mengaku sengaja datang ke bursa kerja yang ada di Kabupaten Jember untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya dan ijazah yang dimiliki. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016