Situbondo (Antara Jatim) - Wakil Ketua Fraksi Gerakan Indonesia Sejahtera (GIS) DPRD Situbondo, Jawa Timur, mendesak Dinas Peternakan segera mendirikan klinik hewan di pasar hewan untuk pengawasan kesehatan.

"Dinas Peternakan seharusnya bisa melakukan perubahan sebagai upaya pengembangan pasar hewan di kabupaten ini. Tidak hanya meningkatkan perolehan retribusi PAD saja," ujar Wakil Ketua Fraksi gabungan dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Situbondo Jainur Ridho di Situbondo, Senin.

Ia mengatakan untuk melakukan perubahan sebagai bentuk perhatian terhadap peternakan di Situbondo, baik peternak maupun konsumen daging, dinas terkait semestinya segera mengambil langkah dengan mengedepankan kepentingan umum untuk pengawasan kesehatan.

Menurut Jainur, pentingnya terobosan itu agar pasar hewan di Situbondo bisa berkembang serta tidak terkesan tradisional serta kebersihan di pasar hewan juga terjaga. Oleh karena itu harus ada perhatian lebih dari pemerintah, karena peternakan di kota Santri ini sangat berpotensi.

"Potensi peternakan di Situbondo, kita cukup melihat dari tiga pasar pasar hewan yang lumayan besar yakni di berada di Kecamatan Besuki, Panarukan, dan Asembagus," kata anggota Komisi II DPRD Situbondo itu.

Melalui tiga pasar hewan tersebut, hewan tidak hanya berasal dari Situbondo, melainkan juga hewan ternak dari luar kabupaten, seperti Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

"Oleh karena itu pengawasan khusus terhadap kesehatan hewan di pasar sangat penting, karena tidak menutup kemungkinan hewan-hewan yang dipasarkan di pasar hewan di Situbondo itu membawa penyakit," ujarnya.

Politisi Partai Gerindra itu mendesak Dinas Peternakan Situbondo melakukan langkah-langkah pengawasan terhadap kesehatan ternak di pasar hewan.

"Sementara dengan didirikannya klinik hewan di pasar hewan, kesehatan ternak yang dijual melalui pasar hewan di Situbondo bisa lebih terjamin kesehatannya," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016