Magetan (Antara Jatim) - Sejumlah komputer yang digunakan siswa untuk mengerjakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sempat bermasalah atau "eror", namun berhasil ditangani oleh pihak sekolah. 

Komputer bermasalah tersebut dialami oleh sebagian siswa SMK Negeri 1 Magetan saat mengerjakan soal UNBK hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

"Tadi sempat bermasalah saat ujian. Sempat panik juga, namun alhamdulillah dapat segera diatasi oleh pihak sekolah," ujar salah seorang siswa SMK Negeri 1 Magetan, Viananda Putri, kepada Wartawan, Senin. 

Ia bersyukur sekolah segera bertindak saat mengetahui sejumlah komputer yang digunakan siswa eror. Sehingga, pelaksanaan UNBK hari pertama dapat berjalan lancar. 

Sementara, Kepala SMK Negeri 1 Magetan, Budiono, mengatakan, pihaknya telah menyediakan komputer cadangan guna mengantisipasi kendala yang terjadi saat pelaksaaan UNBK. 

"Sehingga saat tadi ada sejumlah siswa yang komputernya eror bisa langsung diperbaiki dan digunakan kembali," kata dia. 

Selain menyediakan komputer cadangan, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dan kesepakatan dengan pihak PLN untuk mejamin kelancaran pasokan listrik. 

"PLN menjamin tidak ada ganggaun listrik atau pemadaman listrik saat ujian nasional berbasis komputer sedang berlangsung. Hal itu agar ujian berjalan lancar," katanya. 

Pihaknya berharap agar pelaksanaan UNBK hingga hari terakhir jadwal ujian mendatang dapat berjalan lancar tanpa gangguan yang berarti. Ia juga meminta siswanya untuk mengerjalan soal dengan baik dan teliti, serta tidak memercayai kunci jawaban palsu yang banyak beredar melalui pesan singkat berantai. 

Data Dinas Pendidikan Magetan mencatat, Ujian Nasonal tahun 2016 tingkat SMA dan sederajat di Magetan diikuti sekitar 7.336 siswa. Dari jumlah tersebut, terdapat sekolah yang menggelar UNBK dan ada juga sebagian yang masih melalukan ujian nasional secara manual atau "paper based test" (PBT). 

Secara umum, pelaksanaan ujian nasional di Magetan pada hari pertama berjalan lancar, baik untuk UNBK maupun yang manual. (*)  

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016