Jember (Antara Jatim) - Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan musyawarah pimpinan kecamatan Kencong memberikan bantuan kepada puluhan korban angin puting beliung di Desa/Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Kamis.

Sebanyak 38 rumah warga dua dusun di Desa/Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur rusak akibat puting beliung pada Rabu (30/3), namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Pak Wabup memberikan bantuan secara simbolis kepada keluarga korban dan bantuan tersebut diberikan kepada 54 kepala keluarga yang menjadi korban angin puting beliung di Kencong," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo di Jember.

Menurutnya, bantuan yang diberikan berupa paket sembilan bahan pokok, bahan bangunan, dan makanan siap saji kepada setiap keluarga korban yang terkena musibah angin puting beliung tersebut.

"Sesuai dengan instruksi Pak Wabup, kami segera melakukan pendataan apa saja yang dibutuhkan para korban bencana angin puting beliung dan segera kami distribusikan bantuan itu," tuturnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas mengatakan pihaknya siap membantu masyarakat untuk gotong royong membersihkan reruntuhan akibat angin puting beliung yang melanda puluhan rumah warga di Desa Kencong.

"Kami hanya membantu percepatan penanganan oleh BPBD dan unsur terkait, sehingga masyarakat dapat segera menjalankan rutinitas hidupnya seperti biasa. Hal itu sesuai dengan tugas TNI untuk membantu penanggulangan bencana alam," tuturnya.

Ia mengatakan Kodim 0824 Jember tinggal menunggu laporan dari bawah terkait kebutuhan material dan personel yang dibutuhkan dalam upaya perbaikan rumah-rumah warga yang rusak tersebut, karena dari 38 rumah yang rusak, sebanyak 11 rumah diantaranya mengalami kerusakan agak berat.

Sebelumnya, empat rumah dan sebuah gudang penyimpanan padi milik warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Umbulsari, rusak diterjang angin puting beliung pada Selasa (29/3) petang.

Selain rumah dan gudang, puluhan hektare tanaman padi yang siap panen di Kecamatan Balung juga dikabarkan rusak akibat diterjang hujan dan angin puting beliung yang melanda wilayah setempat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016