Bojonegoro (Antara Jatim) - Harga daging ayam potong di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, turun menjadi berkisar Rp25.000-Rp26.000 per kilogram, yang semula sempat berkisar Rp28.000-Rp30.000 per kilogram, karena permintaan pasar daging ayam potong melemah.
     
Seorang pedagang ayam di Pasar Kota, Bojonegoro Arifin, Minggu, mengatakan, turunnya harga daging ayam potong, terjadi sejak tiga hari lalu.
     
"Persediaan ayam potong dari daerah penghasil mencukupi, sedangkan permintaan turun, sehingga harga daging ayam potong cenderung turun," ucapnya.
     
Ia mengaku bisa menjual ayam potong  rata-rata sekitar 1,5 ton per hari, yang diperoleh dari peternak di Pati, Rembang, atau Blora, Jawa Tengah. 
     
Tapi, lanjut dia, tingkat penjualan daging ayam potong, sekarang hanya sekitar 1,2 ton per hari.
     
"Saya lebih senang mengambil ayam potong dari Pati, sebab ayamnya lebih besar dibandingkan ayam potong peternak lokal, atau ayam potong peternak Tuban," ucapnya, menegaskan.
     
Menurut dia, harga daging ayam potong berkisar Rp25.000-Rp26.000 per kilogram itu, tidak hanya harga yang diberikan kepada pedagang daging, tapi juga masyarakat umum.
     
"Ada tujuh pedagang ayam yang selalu rutin membeli daging ayam potong ke tempat saya. Harga penjualan saya sama dengan masyarakat umum, yang langsung membeli daging ayam potong," paparnya.
     
Selain menjual ayam potong, ia juga menjual ayam Irak dengan harga rata-rata Rp35.000  per ekor dan ayam kampung, dengan harga mulai Rp50.000 sampai Rp90.000 per ekor.
     
"Di Pasar Kota, juga ada satu pedagang yang menjual ayam potong dalam partai besar," tandasnya.    
     
Ia juga menambahkan di Bojonegoro, juga di sejumlah kecamatan Tuban, juga banyak peternak ayam potong.      
     
Hanya saja, katanya, produksi ayam potong lokal, juga Tuban, beratnya rata-rata hanya di bawah 2 kilogram per ekor, tapi ayam potong produksi berbagai daerah di Jawa Tengah, bisa di atas 2 kilogram per ekor.
     
Pantauan Antara, sejumlah pedagang ayam potong di dalam pasar menjual daging ayam potong lebih tinggi berkisar Rp3.000-Rp5.000 per ekor, dibandingkan harga ayam potong ditempat Arifin.
     
"Soal harga kami mengikut harga pembelian," ucap pedagang daging ayam potong Ny. Mutmainah, dibenarkan pedagang lainnya Ny. Nanik dan Ny. Muanah. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016