Madiun (Antara Jatim) - Ribuan umat Katolik di Kota Madiun, Jawa Timur, memperingati sengsara dan wafat Yesus Kristus dengan upacara Jumat Agung di Gereja Katolik Santo Cornelius pada Jumat sore ini. 

Upacara ini merupakan lanjutan dari rangkaian Trihari Suci sebelum Paskah, yakni Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci. 

"Melalui Jumat Agung, gereja mengajak umatnya untuk memperingati kisah sengsara dan kematian Yesus Kristus di kayu salib sebelum akhirnya bangkit pada hari Paskah, Minggu nanti," ujar Romo Gregorius Dhani Driantoro di Gereja Katolik Santo Cornelius Madiun. 

Menurut dia, dalam peringatan Jumat Agung, umat Katolik di seluruh dunia diajak gereja untuk menghormati pengorban Yesus Kristus yang rela menderita dan wafat demi manusia yang dicintaiNya. Penghormatan diwujudkan dengan mencium salib Yesus. 

Selain itu, Jumat Agung juga merupakan hari wajib bagi umat Katolik untuk melakukan puasa dan pantang. Hal ini karena gereja dalam keadaan berkabung. 

"Pada Jumat Agung, Yesus Kristus sang Raja yang dielu-elukan pada Minggu Palma, berubah menjadi manusia yang hina. Namun, Yesus menunjukkan kesetiaannya kepada Allah hingga Ia wafat di kayu salib," kata dia. 

Umat Katolik juga diajak untuk menghayati Jumat Agung dengan belajar mengampuni, tidak menyimpan dendam, dan juga tahan uji. Jumat Agung merupakan momentum yang tepat sebagai pengingat bagi umat untuk tetap tabah dan bertahan dalam setiap kesulitan hidup yang dihadapi. 

Dalam upacara ini, dari awal dan akhir upacara, nyanyian dan doa-doa yang diserukan tanpa diiringi dengan alat musik gereja, sebagai wujud keheningan dan duka. 

Upacara Jumat Agung di Gereja Katolik Santo Cornelius Madiun akan dilakukan dua kali, yakni pukul 14.00 WIB dan 17.00 WIB. 

Upacara sengaja digelar dua kali, hal ini mengingat jumlah umat yang datang sangat banyak, sama halnya dengan misa perayaan hari raya Natal mauun Paskah. Diperkirakan 2.000 umat lebih akan memadati Gereja Katolik Santo Cornelius. 

Puncak perayaan Hari Paskah akan dirayakan umat Katolik dengan menggelar Misa Sabtu Suci pada Sabtu malam tanggal 26 Maret mendatang. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016