Surabaya, (Antara Jatim) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya akan menjual tiket promosi dalam rangka liburan bulan April 2016 bertema "April Holiday", khusus untuk kereta komersial jarak jauh dengan harga yang relatif murah.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto, Kamis, mengatakan tiket promosi itu akan diberlakukan dan dijual pada keberangkatan tanggal 3 hingga 30 april 2016, untuk meningkatkan minat masyarakat di Tanah Air dalam menggunakan kereta api.

"Tujuan dijualnya tiket promosi ini untuk meningkatkan okupansi pada sejumlah KA komersial, dan meningkatkan minat pengguna jasa transportasi untuk bepergian menggunakan angkutan KA," ucap Suprapto di Surabaya.

Masing-masing KA komersial yang mendapatkan harga promosi selama April 2016 adalah KA Argo Bromo Anggrek, relasi Surabaya Pasarturi-Gambir yang harga tiketnya menjadi Rp240 ribu, dari awalnya sekitar Rp450 ribu hingga Rp500 ribu.

Selain itu, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung, dengan harga promosi Rp185 ribu, KA Gajayana relasi Malang-Gambir dengan promosi harga tiket Rp265 ribu, KA Bima relasi Malang-Surabaya-Jakarta dengan harga tiket Rp265 ribu.

Kemudian, KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi-Gambir dengan tiket promosi seharga Rp240 ribu, KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dengan harga tiket Rp185 ribu, KA Bangun Karta relasi Surabaya Gubeng-Gambir dengan harga tiket promosi sebesar Rp195 ribu.

Selanjutnya, KA Mutiara Timur relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi dengan harga tiket promosi eksekutif sebesar Rp80 ribu dan kelas bisnis Rp65 ribu, KA Gumarang relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen dengan harga tiket promosi eksekutif Rp195 ribu dan bisnis Rp180 ribu, serta ekonomi Rp145 ribu.

Ada lagi KA Malabar relasi Malang-Bandung dengan harga tiket kelas eksekutif Rp180 ribu, bisnis Rp145 ribu dan ekonomi Rp105 ribu, ditambah KA Jayabaya relasi Malang-Pasarsenen dengan harga tiket Rp155 ribu.

Lalu KA Malioboro Ekspres relasi Malang-Yogyakarta dengan harga tiket promosi eksekutif Rp85 ribu dan kelas ekonomi Rp65 ribu, KA Harina relasi Surabaya Pasarturi-Bandung dengan harga tiket promosi kelas eksekutif Rp160 ribu dan bisnis Rp135 ribu serta ekonomi Rp 90 ribu.

Yang terakhir adalah KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta dengan harga tiket eksekutif Rp80 ribu dan bisnis Rp65 ribu, KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng-Bandung dengan harga tiket promosi bisnis mencapai Rp160 ribu.

"Rata-rata tiket KA sebelum terkena promosi harganya ada pada kisaran angka Rp300 ribu hingga Rp600 ribu, khususnya untuk relasi Surabaya-Jakarta," ucapnya.

Sementara itu Suprapto menjelaskan untuk mendapatkan tiket dengan harga promosi, pemesanannya dapat dilakukan melalui loket penjualan di stasiun, atau melalui pusat telepon 121 dan penjualan di jaringan luar kereta api.

"Selain itu bisa menggunakan 'mobile application' dan pemesanan melalui internet, dengan pembelian dapat dilayani selama masih tersedia, dengan lokasi duduk pada masing-masing kereta dilakukan secara acak," ucapnya.

Suprapto menjelaskan, petugas stasiun dan pusat PT KAI akan secara aktif menginformasikan dan menawarkan tempat duduk promo yang tersedia pada masing-masing KA selama masih tersedia, dan tiket promo tidak dapat ditunda/ganti dan dibatalkan, serta tidak dapat digabung dengan diskon lainnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016