Bojonegoro (Antara Jatim) - Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji mengharapkan jajaran kepolisian resor (polres) di wilayahnya, ikut membangun rumah kantor Bhayangkara Pembina Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di desa/kelurahan.
     
"Kalau harapan kami semua polres di Jawa Timur, ikut membangun rumah kantor Bhabinkamtibmas, untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat," katanya, di Bojonegoro, Selasa. 
     
Ia menjelaskan pembangunan rumah kantor 43 Bhabinkamtibmas di daerah setempat, merupakan bantuan pemerintah kabupaten (pemkab).
     
Oleh karena itu, jajaran polres di daerah lainnya di wilayah kerjanya, juga harus mampu menjalin komunikasi dan pendekatan dengan pemkab, agar bisa merealisasikan pembangunan rumah kantor Bhabinkamtibmas.
     
"Di Jawa Timur, yang ada rumah kantor Bhabinkamtibmas, ya, baru Bojonegoro," ucapnya, menegaskan.
     
Menurut dia, petugas polres yang menempati rumah kantor Bhabinkamtibmas harus mampu menyelesaikan permasalahan gangguan keamanan yang terjadi di desa tanpa harus membawa ke kecamatan.
     
Caranya, lanjut dia, bisa dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, mulai anggota TNI, juga jajaran pemkab. 
     
"Permasalahan gangguan keamanan, yang terjadi biasanya berawal dari konflik antarindividu," ucapnya.
     
Ia juga mengatakan kalau memang petugas, yang ditempatkan di rumah kantor Bhabinkamtibmas berkelakuan jelek, maka kepala desa (kades) atau kepala kelurahan bisa mengusulkan agar diganti ke polres.
     
"Saya meminta petugas Bhabinkamtibmas juga berkreasi mengembangkan ekonomi masyarakat di sekitarnya," ucapnya.
     
Pada kesempatan itu, Bupati Bojonegoro Suyoto, menjelaskan di daerahnya masih banyak lokasi desa yang rawan, karena terpencil di tengah-tengah kawasan hutan, sehingga kehadiran petugas Bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan.
     
"Keberadaan petugas Bhabinkamtibmas yang ada di desa, bisa menjadi pertanda Negara hadir di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.
     
Ia juga mengharapkan keberadaan petugas Bhabinkamtibmas di daerahnya bisa ikut mendukung program pemkab lumbung pangan dan energi. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016