Jember (Antara Jatim) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Mirfano menyatakan siap untuk memfasilitasi pengembangan produk lokal kabupaten setempat dengan sejumlah kebijakan di unit kerjanya.

"Dalam mendukung gerakan cinta produk lokal, kami akan menyiapkan fasilitas yang menyangkut modal, promosi, peningkatan produksi, dan kualitas untuk produk khas Jember," tuturnya di Kabupaten Jember, Senin.

Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung gerakan cinta produk lokal yang dicanangkan Bupati Jember Faida beberapa hari lalu, sehingga Diskop UMKM akan menindaklanjuti dengan menyediakan fasilitas anggaran dan pelatihan untuk meningkatkan mutu produk lokal.

"Gerakan mencintai produk lokal bisa merangsang pertumbuhan perekonomian dan mengangkat potensi lokal di Kabupaten Jember," tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya terus melakukan imbauan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menggunakan produk lokal seperti pakaian batik dan hidangan yang disajikan pada saat kegiatan resmi di lingkungan Pemkab Jember.

"Kami harapkan seluruh SKPD menggencarkan penggunaan produk lokal, sehingga hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya produksi UMKM Jember dan semakin berkembangnya produk lokal," katanya.

Sebelumnya, Bupati Jember Faida mencanangkan gerakan cinta untuk membeli produk lokal dalam menghadapi era bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sehingga ketergantungan terhadap produk impor dapat dikurangi.

"Situasi ekonomi daerah dalam masa persaingan global hanya bisa dihadapi dengan adanya spirit ideologi. Kami tekankan untuk menjalankan gerakan beli produk lokal," tuturnya beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, produk lokal di Jember sebenarnya sudah lengkap, tinggal bagaimana pemerintah dan para pelaku usaha bisa melakukan sinergitas dan sosialisasi, agar masyarakat bisa lebih mencintai dan bangga dengan produk asli Jember.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016