Surabaya (Antara Jatim) - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur telah mengerahkan 50 personel untuk membantu ribuan korban banjir di Sampang, Madura.

"Personel dari Polda Jatim dan Polres Sampang sudah turun untuk membantu warga sejak terjadi banjir (26/2)," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji di Mapolda Jatim, Selasa.

Setelah memimpin Apel Gelar Pasukan "Operasi Simpatik 2016" di lapangan Mapolda Jatim, ia menjelaskan personel yang turun ke lapangan berjumlah sekitar 50 orang.

"Ada juga dari Kodam V/Brawijaya, Kodim, dan BPBD yang turut membantu warga," katanya, didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono.

Selain personel, pihaknya juga mengirimkan perahu karet untuk mobilitas distribusi bantuan kepada korban banjir.

Sementara itu, Ketua "Social Emergency Response" (SER) NU Jatim Hasan Muhdlor ketika dihubungi per telepon saat berada di Sampang menjelaskan banjir sudah mulai surut.

"Sejak Senin (29/2) siang, banjir sudah surut, meski sejumlah desa masih ada genangan, tapi ketinggian air sudah tidak seberapa," katanya.

Saat ini (1/3), warga Sampang sudah bergotong-royong membersihkan kotanya dari lumpur dan sampah. "Sore ini, sukarelawan SER-NU akan kembali ke Surabaya," katanya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016