Banyuwangi (Antara Jatim) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bakal melaksanakan sejumlah program yang mampu mendorong suksesnya pembangunan di daerah itu.

"Banyuwangi saat ini fokus pada pengembangan SDM. PKK tentunya akan mendukung program ini lewat wadahnya. Kami akan menyosialisasikan bagaimana cara mendidik anak dengan benar pada ibu-ibu. Karena ini dasar untuk mencetak generasi yang berkualitas," kata Dani, sapaan akrab Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Ia menjelaskan program PKK yang selaras dengan program pemerintah daerah itu antara lain di bidang pendidikan dan kesehatan yang saat ini menjadi program wajib sekaligus prioritas Pemkab Banyuwangi.

Di bidang pendidikan, kata istri Bupati Abdullah Azwar Anas ini, PKK akan mengintensifkan program pranikah, pendidikan keluarga, dan pengembangan pendidikan prasekolah (PAUD) di masyarakat.

Di bidang kesehatan, lanjut Dani, PKK juga berkomitmen akan mendorong peningkatan derajat  kesehatan masyarakat dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah elemen terkait.

"Kami akan melakukan upaya preventif kesehatan pada masyarakat. Melalui kampanye pentingnya hidup bersih dan menjaga kesehatan, agar masyarakat tidak gampang terserang penyakit. Tak lupa kami juga akan terus meminta kaum ibu untuk memerhatikan asupan makanan yang sehat bagi keluarganya," katanya.

Anak sekolah, kata dia, juga akan disentuh dalam programnya dengan mengajak mereka untuk tidak membeli jajan sembaramgan. Hal itu karena sudah banyak kasus penyakit dan kematian yang disebabkan pola makan yang salah.

Tak hanya itu, PKK juga akan ikut mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Banyuwangi. Salah satunya mengajak para perempuan untuk menekuni kerajinan batik.

"Batik itu warisan nusantara, sayang sekali kalau tidak ada yang generasi pembatik," ujar Dani. (*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016